Perkembangan teknologi dalam jaringan atau internet pelan-pelan telah terbukti mengubah perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini menjadi tantangan bagi pebisnis riil tetapi sekaligus peluang memasuki saluran pasar yang baru.
Hafiyyan & Fitri Sartina Dewi [email protected]
Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indone sia mencapai 143,26 juta pada 2017.
Jumlah tersebut meningkat 62,62% dibandingkan dengan 88,1 juta pada 2014.
Dari data itu, pemanfaatan internet di bidang ekonomi ternyata paling banyak digunakan untuk mencari harga barang. Selanjutnya, di pe ringkat ketiga dan keempat terbesar, internet dimanfaatkan sebagai sarana mencari informasi pembelian barang dan berbelanja.
Tak pelak situasi ini menambah persaingan bagi bisnis konvensio nal,...