Efek Filter Bubble

Baru-baru ini saya banyak berdiskusi bersama teman- teman di grup Whatsapp mengenai perkembangan algoritma di media sosial dan pengaruhnya terhadap tingkat kepercayaan netizen terhadap suatu peristiwa.

Arsip Koran

Unit

Diterbitkan pada: 10/12/2018

Data

Baru-baru ini saya banyak berdiskusi bersama teman- teman di grup Whatsapp mengenai perkembangan algoritma di media sosial dan pengaruhnya terhadap tingkat kepercayaan netizen terhadap suatu peristiwa.

Diskusi yang didasari sebuah istilah Filter Bubble itu ternyata menampilkan fenomena bahwa seseorang bisa tak lagi mempercayai suatu fakta yang benar, karena terlalu sering mendapat informasi yang salah.

Filter Bubble adalah suatu istilah yang diciptakan aktivis internet Eli Pariser pada 2011 yang mengemukakan keadaan seseorang akan terisolasi secara intelektual, karena efek algoritma dari media sosial.

Keadaan ini terjadi karena hasil penelusuran dari individu di dunia maya yang menciptakan personalisasi algoritma, sehingga akan menampilkan secara selektif dan menebak informasi apa yang ingin dilihat pengguna berdasarkan informasi kebiasaan.

Hasil pencarian ...

Akses konten artikel berbayar ini

Nikmati artikel khusus Unit yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.
Rp 10.000 untuk baca artikel
Bagikan Artikel
Terpopuler

Informasi Diunggah

Diunggah oleh : Tim Data Indonesia

Diunggah ulang pada : 14/06/2024