Logistikos : Belajar dari Kegagalan Ro-ro Bitung-Davao

Mengemuka awal 2007, saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 Indonesia-Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Cebu, Filipina, ide trayek roll on-roll off (ro-ro) Dumai—Malaka terus bergulir meskipun lambat.

Arsip Koran

Unit

Diterbitkan pada: 12/02/2019

Data

Mengemuka awal 2007, saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-2 Indonesia-Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Cebu, Filipina, ide trayek roll on-roll off (ro-ro) Dumai—Malaka terus bergulir meskipun lambat.

Semula, para pemimpin ketiga negara menggagas Koridor Eko nomi Dumai—Malaka, satu dari lima koridor ekonomi IMT-GT Connectivity Corridor.

Gagasan itu diadopsi ke dalam Master Plan on ASEAN Connecti vity (MPAC) pada Deklarasi Hanoi Oktober 2010 yang kemudian menemukan bentuk konkretnya dalam konsep nautical highway system atau ro-ro Dumai—Malaka, bersamaan dengan rute Belawan— Penang—Phuket, dan Bitung—Da vao/General Santos.

Rute Bitung—Davao/General Santos lahir duluan pada April 2017. Di bawah langit Davao City yang terik, tetapi penuh sukacita, Presiden Joko Widodo saat me resmikan rute ro-ro itu di Kudos Port, ...

Akses konten artikel berbayar ini

Nikmati artikel khusus Unit yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.
Rp 10.000 untuk baca artikel
Bagikan Artikel
Terpopuler

Informasi Diunggah

Diunggah oleh : Tim Data Indonesia

Diunggah ulang pada : 06/05/2024