Penerimaan Pajak : Setoran PPN Dalam Negeri Tertekan

JAKARTA — Selain memengaruhi kinerja neraca perdagangan, tingginya impor juga mulai menekan performa penerimaan PPN dalam negeri.

Arsip Koran

Unit

Diterbitkan pada: 19/11/2018

Data

JAKARTA — Selain memengaruhi kinerja neraca perdagangan, tingginya impor juga mulai menekan performa penerimaan PPN dalam negeri.

Data Direktorat Jenderal Pajak per Oktober 2018 menunjukkan pertumbuhan PPN dalam negeri hanya 8,9% atau lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mampu tumbuh pada angka 12,97%. Kinerja PPN dalam negeri tersebut jauh berbeda dengan pertumbuhan PPN impor yang mampu tumbuh 28,1%.

Jika dibedah berdasarkan jenisnya, PPN dalam negeri merupakan satusatunya jenis pajak yang mengalami kontraksi dibandingkan dengan jenis pajak lainnya. Jenis PPh pajak lainnya mulai dari PPh 21, badan, orang pribadi hingga pajak yang terkait dengan impor tumbuh positif.

Adapun pemerintah mengakui bahwa penerimaan PPN dalam negeri memang tertekan dibandingkan dengan tahun lalu. Mereka menyebut penyebab perlambatan kinerja PPN dalam negeri dikarena...

Akses konten artikel berbayar ini

Nikmati artikel khusus Unit yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.
Rp 10.000 untuk baca artikel
Bagikan Artikel
Terpopuler

Informasi Diunggah

Diunggah oleh : Tim Data Indonesia

Diunggah ulang pada : 27/06/2024