Pidana Perpajakan : Jumlah Penyidik Pajak Ditambah

JAKARTA — Direktorat Jenderal Pajak terus menambah jumlah penyidik pajak seiring dengan semakin kompleksnya praktik pidana pajak.

Arsip Koran

Unit

Diterbitkan pada: 04/12/2018

Data

JAKARTA — Direktorat Jenderal Pajak terus menambah jumlah penyidik pajak seiring dengan semakin kompleksnya praktik pidana pajak.

Bertambahnya jumlah penyidik pajak tersebut diharapkan mampu mendorong kinerja penyidikan pidana pajak, khususnya kasus yang menjerat wajib pajak atau korporasi kelas kakap.

Proses penyidikan merupakan langkah penegakan hukum terakhir yang dimiliki otoritas pajak. Penyidikan pajak diatur dalam Pasal 44 Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang didalamnya memuat mengenai mekanisme penyidikan, termasuk siapa yang dimaksud dengan penyidik pajak dan kewenangannya.

Kemarin, Ditjen Pajak menambah 187 penyidik pajak. Dengan penambahan tersebut, total penyidik pajak di tubuh Ditjen Pajak mencapai 1.477 penyidik. Meski demikian, dari ribuan penyidik pajak tersebut hanya 645 penyidik yang bertugas di Direktorat Penegakan...

Akses konten artikel berbayar ini

Nikmati artikel khusus Unit yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.
Rp 10.000 untuk baca artikel
Bagikan Artikel
Terpopuler

Informasi Diunggah

Diunggah oleh : Tim Data Indonesia

Diunggah ulang pada : 18/06/2024