Bisnis, JAKARTA — Suzuki optimistis tetap merajai pasar pikap meski mengalami penurunan penjualan hingga akhir kuartal III/2019.
Sementara itu, Daihatsu yang menjadi pesaing terdekatnya terus penetrasi ke pasar daerah.
Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pikap Suzuki pada Januari—Agustus 2019 turun 10,54% menjadi 31.910 unit dengan pangsa 37,53%. Daihatsu juga menderita penurunan penjualan 13,65% menjadi 23.676 unit dengan pangsa 27,85%.
Penurunan penjualan Suzuki paling parah terjadi pada Maret—April.
Namun, Suzuki menunjukkan pertumbuhan positif saat memasuki Mei.
Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menjelaskan periode penjualan menurun itu saat perseroan tengah berfokus merilis produk New Carry Pick Up pada akhir April.
“Penurunan itu sebet...