Digagas sejak 1980-an, mulai dilelang pada 1990-an, teken kontrak pada dekade 2000-an, namun baru bisa beroperasi untuk menyambungkan Merak—Pasuruan di pengujung 2018. Itulah kira-kira potret perjalanan panjang pembangunan sejumlah ruas di tol Trans Jawa.
Melewati waktu bertahun-tahun, akhirnya jalan tol Trans Jawa bisa dilewati oleh pengguna jalan tanpa putus dari Merak—Pasuruan sepanjang 933 km mulai Kamis, (20/12) setelah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.
Bermacam polemik sempat membuat sejumlah konsep proyek Trans Jawa terhenti bertahuntahun, utamanya terjadi pada ruas tol Trans Jawa yang terletak di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Sempat dilelang pada 1990-an oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang saat itu bertindak sebagai regulator dan operator, kelanjutan proyek terpaksa dihentikan setelah krisis monoter menimpa Indonesia pada 1997.