Wisata Hutan Bakau : Menahan Abrasi di Ujung Muara Gembong

Sebuah harapan untuk menahan dampak abrasi di kawasan Muara Gembong, Bekasi, muncul dengan hadirnya ekowisata hutan bakau (mangrove).

Arsip Koran

Unit

Diterbitkan pada: 03/12/2018

Data

Sebuah harapan untuk menahan dampak abrasi di kawasan Muara Gembong, Bekasi, muncul dengan hadirnya ekowisata hutan bakau (mangrove).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa abrasi lambat laun menelan kawasan pantai Muara Gembong, salah satunya Desa Pantai Mekar. Ketika air pasang atau rob datang, pemukiman warga pun ikut terdampak.

Seperti yang terjadi pada akhir November 2018, rob sudah menyerang kawasan Muara Gembong. Dalam pengamatan Bisnis, tampak warga terpaksa menikmati genangan air di dalam rumah.

Kondisi ini, semakin parah dari tahun ke tahun. Melihat kondisi tersebut, tampaknya semua pihak perlu bersinergi untuk memastikan keberlanjutan lingkungan di muara sungai Citarum itu.

Dalam kampanye politik, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menyatakan bahwa akan menjadikan Muara Gembong sebagai desa peradaban. Janji politik itu, menurut mantan Wali Kota Bandung...

Akses konten artikel berbayar ini

Nikmati artikel khusus Unit yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.
Rp 10.000 untuk baca artikel
Bagikan Artikel
Terpopuler

Informasi Diunggah

Diunggah oleh : Tim Data Indonesia

Diunggah ulang pada : 18/06/2024