Lokasi dan Jadwal Pelayanan SIM Keliling di DKI Jakarta Hari Ini (Selasa, 18 Juni 2024)

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meliburkan pelayanan SIM keliling di lima lokasi untuk wilayah DKI Jakarta selama Hari Raya Iduladha 1445 H dan Cuti Bersama pada 17-18 Juni 2024.

Ridha Kusuma Perdana

Jun 18, 2024 - 8:03 AM

Data

Sehubungan dengan Hari Raya Iduladha 1445 H dan Cuti Bersama pada 17-18 Juni 2024, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meliburkan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling di lima lokasi untuk wilayah DKI Jakarta pada Selasa (18/6).

Mengutip informasi dari akun media sosial resmi, @TMCPoldaMetro, pelayanan SIM keliling akan kembali beroperasi pada Rabu (19/6) pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Warga ibu kota yang masa berlaku SIM-nya hampir habis, dapat memanfaatkan adanya layanan SIM keliling tersebut untuk memperbarui masa berlaku SIM tanpa harus melalui perantara calo.

Berikut ini lokasi pelayanan SIM keliling pada hari-hari yang telah ditentukan. 

  • Jakarta Timur: Mall Grand Cakung 
  • Jakarta Utara: LTC Glodok
  • Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Barat: Mall Citraland
  • Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Bagi masyarakat DKI Jakarta yang ingin memperpanjang SIM hendaknya menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Adapun dalam laman Digital Korlantas POLRI menyebutkan dokumen yang diperlukan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan SIM lama berikut dengan fotokopinya, serta hasil tes psikologi dan tes kesehatan.

Apabila Anda yang belum memiliki hasil tes psikologi dan tes kesehatan, Anda dapat melakukan tes psikologi dan tes kesehatan pada lokasi SIM keliling yang anda datangi. Dalam hal ini, Anda akan dibebani biaya tambahan.

Terkait dengan biaya perpanjangan, jika mengacu pada PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara RI, perpanjangan SIM A dikenakan biaya Rp80.000, sementara untuk SIM C dibebankan biaya Rp75.000.

Adapun pelayanan SIM keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A maupun SIM C sebelum masa berlaku habis. Sebagai informasi, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 pasal 4 dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 85 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan bahwa masa berlaku SIM hanya lima tahun sejak tanggal pembuatan.

Apabila Anda terlambat mengurus SIM satu hari saja, maka Anda wajib mengikuti proses penerbitan SIM baru. Adapun penerbitan SIM baru tidak dilakukan di lokasi pelayanan SIM keliling, tetapi akan dilayani di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat.

(Baca: Data Merek Mobil Terlaris di Indonesia pada Mei 2024)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags