Mengenal Family Office, Pengelola Dana Keluarga Super Kaya

Pemerintah berencana menjadikan Bali sebagai pusat family office di Indonesia. Lantas apa itu family office? Artikel ini membahas definisi hingga contoh family office yang ada di dunia.

Muhammad Fikri

Jun 26, 2024 - 11:16 AM

Data

Pemerintah dikabarkan tengah menyiapkan Bali menjadi markas family office untuk menambah penerimaan negara. Mengutip Bisnis.comhal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada awal Juni 2024.

Luhut juga mengatakan telah melaporkan rencana tersebut ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia pun mencotohkan, di Singapura ada sekitar 1.500 family office yang menyimpan dana hingga US$1,6 triliun. Selain Singapura, family office juga terdapat di Hong Kong, dan Abu Dhabi

Lantas apa itu family office? Berikut rangkuman informasi DataIndonesia terkait family office dari berbagai sumber seperti Investopedia, PwC, Bank of America,  Sovereign Wealth Fund Institute

Definisi

Mengutip Investopedia, family office merupakan sebuah perusahaan pengelolaan kekayaan pribadi yang khusus melayani individu atau keluarga dengan kekayaan sangat tinggi atau yang disebut HNWI dan UNHWI.

High-Net-Worth Individual (HNWI) merupakan individu yang memiliki aset likuid setara US$1 juta atau lebih. Adapun Ultra-High-Net-Worth Individual (UHNWI) memiliki aset liquid US$30 juta atau lebih.

Berbeda dengan manajer investasi pada umumnya, family office menawarkan solusi lengkap kebutuhan keuangan dan investasi khusus dan privat untuk individu atau keluarga super kaya.

Tujuan Family Office

Pendirian family office oleh keluarga atau individu super kaya biasanya bervariasi, diantaranya:

  • Perencanaan Kekayaan Jangka Panjang, family office membantu keluarga dalam merencanakan dan mengelola kekayaan mereka yang sangat besar untuk mendukung kebutuhan saat ini dan lintas generasi. Ini termasuk perencanaan pajak, perencanaan warisan, dan strategi investasi.
  • Manajemen Investasi, untuk mengembangkan kekayaan, family office juga bertujuan untuk mengelola portofolio investasi keluarga, termasuk saham, real estat, investasi swasta, dan lainnya. Hal ini juga untuk melindungi kekayaan keluarga melalui strategi investasi dan diversifikasi.
  • Menjaga Kekayaan, kekayaan yang luar biasa besar tidak mudah untuk dijaga, family office memastikan transfer kekayaan yang efisien dan aman kepada generasi berikutnya. Ini melibatkan perencanaan warisan, dan perencanaan pajak untuk meminimalkan pajak dan menjaga kekayaan keluarga.
  • Filantropi, family office membantu keluarga dalam mencapai tujuan filantropi. Ini bisa termasuk mendirikan yayasan amal dan mengelola donasi amal.
  • Manajemen Gaya Hidup, sudah menjadi rahasia umum bahwa orang super kaya memiliki gaya hidup yang berbeda, misalnya koleksi mobil mahal, travelling menggunakan pesawat pribadi atau yacht, family office juga berperan untuk mengelola gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari agar tidak menggerus kekayaan.

(Baca: Minat Orang Kaya (HNWI) terhadap Investasi Rumah berdasarkan Generasi pada 2024)

Jenis-jenis Family Office

Setidaknya terdapat tiga jenis atau tipe family office, yaitu:

  • Single Family Office (SFO), sesuai dengan namanya Single-family office melayani satu keluarga kaya saja. Semua sumber daya dan layanan fokus untuk memenuhi kebutuhan keuangan, investasi, dan manajemen gaya hidup keluarga tersebut. SFO menawarkan layanan yang sangat privat dan khusus, dengan kontrol penuh oleh keluarga terhadap kekayaan mereka.
  • Multi Family Office (MFO), hampir sama dengan SFO, tetapi family office jenis MFO terdiri dari beberapa keluarga atau individu, dengan layanan yang sama namun dengan biaya yang lebih rendah karena biaya operasional dibagi di beberapa keluarga.
  • Outsourced Family Office. Berbeda dengan SFO maupun MFO, family office jenis ini melibatkan pihak ketiga dalam pengelolaan kekayaan. Biasanya layanan ini disediakan oleh perbankan dan sekuritas.

Contoh Family Office

Terdapat banyak family office yang mengelola dana keluarga tertentu, berikut diantaranya:

  • The Rockefeller Family Office, family office milik keluarga Rockefeller yang sudah berdiri sejak 1882 dengan aset sekitar US$43 miliar.
  • Walton Enterprises, family office milik keluarga Walton yang didirikan oleh Sam Walton, founder dari raksasa ritel AS, Walmart. Dengan total dana kelolaan hingga US$224 miliar.
  • Bezos Expeditions, berbasis di Mercer Island, AS, family office ini melayani keluarga Jeff Bezos, pendiri Amazon. Dengan total dana kelolaan US$107,8 miliar.
  • Cascade Investment, yang merupakan kantor keluarga multi-generasi dari Bill Gates, pendiri Microsoft. Berlokasi di Kirkland, Amerika Serikat, family office ini mengelola kekayaan sekitar US$170 miliar
  • Hartono Family Office, melalui PT Dwimuria Investama Andalan, keluarga Hartono memiliki 54,95% saham bank PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Dengan total dana kelolaan US$21,1 miliar.

(Baca: Daftar Orang Terkaya di Dunia Awal Juni 2024, Elon Musk Teratas)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags