Charta Politika: Suara Ganjar Naik Usai Deklarasi Capres PDIP

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, Ganjar Pranowo menjadi kandidat calon presiden dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Bahkan, elektabilitas Ganjar naik seiring deklarasinya sebagai capres oleh PDIP.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 5, 2023 - 2:28 PM

Data

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, Ganjar Pranowo menjadi kandidat calon presiden dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan presiden dilakukan saat ini. Tercatat, ada 28,9% responden yang memilih Gubernur Jawa Tengah tersebut dalam simulasi 10 nama pada 27-30 April 2023.

Elektabilitas Ganjar terpantau meningkat jika dibandingkan pada survei 4-7 April 2023. Hal itu seiring dengan deklarasi Ganjar sebagai capres oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 22,3%. Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengekor di urutan ketiga dengan raihan elektabilitas sebesar 15,2%.

Sebanyak 6,4% responden mendukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jika pilpres dilakukan saat ini. Lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapatkan dukungan sebesar 3,8%.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatatkan elektabilitas masing-masing sebesar 3,4% dan 2,8%. Adapun, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto meraup elektabilitas sebesar 1,1%.

Sebagai informasi, Charta Politika melakukan survei telepon terhadap 1.200 responden di Indonesia dengan metode asumsi simple random sampling pada 27-30 April 2023. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei LSI: Salip Ganjar, Elektabilitas Prabowo Tertinggi)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags