Partai Ummat Paling Banyak Bacaleg Perempuan, PSI Sebaliknya

Partai Ummat menjadi partai politik yang paling banyak mendaftarkan bacaleg perempuan di tingkat DPR untuk Pemilu 2024. Sebaliknya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) paling minim mendaftarkan bacaleg perempuan.

Shilvina Widi

Jun 14, 2023 - 5:21 PM

Data

Partai Ummat menjadi partai politik yang paling banyak mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) perempuan di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk Pemilu 2024. Sebaliknya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) paling minim mendaftarkan bacaleg perempuan.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Ummat mendaftarkan 288 bacaleg perempuan. Jumlah itu setara dengan 49,66% dari 580 bacaleg yang didaftarkan oleh Partai Ummat.

Posisinya diikuti oleh Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) dengan persentase bacaleg perempuan sebesar 45,52%. Kemudian, persentase bacaleg perempuan dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebesar 42,39%.

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) memiliki proporsi bacaleg perempuan sebesar 41,03%. Lalu, persentase bacaleg perempuan dari Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Buruh masing-masing sebanyak 40,52% dan 38,28%.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menempati posisi ketujuh dengan proposi bacaleg perempuan sebesar 37,41%. Lalu, Partai Amanat Nasional memiliki persentase bacaleg perempuan sebanyak 37,07%.

Di sisi lain, PSI hanya mencatatkan persentase bacaleg perempuan sebesar 32,24%. Di atasnya ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan persentase bacaleg perempuan sebesar 32,76%.

(Baca: Survei: Warga RI Paling Banyak Pilih Partai Karena Tokohnya)







Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags