Poltracking: Erick Thohir Ungguli Elektabilitas Cawapres

Menurut hasil survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi jika pilpres dilakukan saat ini. Tercatat ada 16,3% responden yang memilih Menteri BUMN tersebut dalam simulasi 20 nama.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 2, 2023 - 11:39 AM

Data

Menurut hasil survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Tercatat ada 16,3% responden yang memilih Menteri BUMN tersebut dalam simulasi 20 nama calon wakil presiden.

Posisi Erick Thohir diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang meraih elektabilitas sebesar 14,8%. Setelahnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 12,2%. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono meraih dukungan dari 7,2% responden. Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki elektabilitas masing-masing sebesar 6,5% dan 6,1%. 

Lalu, Ketua DPR Puan Maharani mencatatkan elektabilitas sebesar 3,4%. Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berada di urutan kedelapan dengan elektabilitas sebesar 2,9%.

Sebagai informasi, Poltracking Indonesia melakukan survei terhadap 1.220 responden melalui melalui wawancara tatap muka langsung pada 9-15 April 2023. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Poltracking: Prabowo Pimpin Elektabilitas, Diikuti Ganjar-Anies)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags