Survei: Elektabilitas Sandiaga Unggul Sebagai Kandidat Cawapres

Sandiaga Salahuddin Uno menjadi calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Tercatat, ada 19,8% responden yang memilih Menparekraf tersebut dalam survei Charta Politika.

Sarnita Sadya

May 16, 2023 - 11:26 AM

Data

Sandiaga Salahuddin Uno menjadi calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Berdasarkan hasil survei Charta Politika pada 2-7 Mei 2023, ada 19,8% responden yang memilih Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyusul di urutan kedua lantaran meraih suara sebanyak 18,4%. Lalu, Menko Polhukam Mahfud MD dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 15,2% dan 10,9%.

Sebanyak 9,2% responden mendukung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres. Ada pula 5,8% responden yang memilih Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres.

Elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres tercatat sebesar 3,5%. Kemudian, Ketua DPR Puan Maharani berhasil meraih dukungan sebagai cawapres sebanyak 2,9%.

Sebanyak 2,2% responden memberikan suara kepada Airlangga Hartarto sebagai cawapres. Sementara, 12,0% responden lainnya menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Sebagai informasi, Charta Politika melakukan survei terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia pada 2-7 Mei 2023. Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,82%.

(Baca: Charta Politika: Ganjar Masih Ungguli Elektabilitas Capres)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags