Survei LSI Denny JA: Prabowo Pimpin Elektabilitas Capres

Berdasarkan hasil survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Prabowo Subianto meraih elektabilitas paling tinggi jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Tercatat elektabilitas Menteri Pertahanan itu mencapai 33,9% dalam simulasi tiga nama kandidat capres terkuat.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 19, 2023 - 3:51 PM

Data

Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA terbaru yang dilakukan per Mei 2023 menyebutkan bahwa akan ada tiga calon kuat yang bertarung dalam Pemilihan Presiden 2024. Ketiga calon kuat tersebut adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. LSI Denny JA juga menyebutkan bahwa peta koalisi terlihat semakin jelas.

Adapun berdasarkan hasil survei terbarunya, LSI Denny JA mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto meraih elektabilitas paling tinggi jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan saat ini. Tercatat elektabilitas Menteri Pertahanan itu mencapai 33,9% dalam simulasi tiga nama kandidat capres terkuat.

LSI Denny JA menyebutkan sejumlah keunggulan elektabilitas Prabowo diantaranya adalah telah berpengalaman di pemerintahan pusat, menjadi tokoh sentral dalam spektrum politik. 

Prabowo juga dinilai sebagai strong leader atau pemimpin yang kuat. Selain itu, keunggulan ini juga diraih atas limpahan dari penurunan dukungan terhadap Ganjar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 31,9%. Jika dilihat sejak periode Mei 2022, ini merupakan pertama kalinya tren elektabilitas Ganjar menurun dalam survei tersebut.

Penurunan dukungan terhadap Ganjar ini dinilai salah satunya sebagai akibat dari efek negatif batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ada sebesar 14,4% responden paling banyak menyebut bahwa Ganjar yang paling disalahkan sebagai penyebab pembatalan Piala Dunia U-20. 

Posisi Ganjar diikuti oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tak banyak berubah mencatatkan elektabilitas. Anies mengekor dengan dukungan sebesar 20,8% responden pada periode Mei 2023 lalu.

Sebagai informasi, survei LSI Denny JA dilakukan dengan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden pada 3-14 Mei 2023. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini diperkirakan sebesar ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei: Elektabilitas Sandiaga Unggul Sebagai Kandidat Cawapres)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags