Survei: Pemilih Pro-Pemerintah Lebih Dukung Ganjar Pranowo

Berdasarkan hasil survei SMRC, masyarakat yang menganggap kinerja pemerintah baik cenderung memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sebaliknya, masyarakat yang menganggap kondisi ekonomi dan politik buruk lebih memilih Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Monavia Ayu Rizaty

Mar 28, 2023 - 1:48 PM

Data

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), masyarakat yang menganggap kinerja pemerintah baik cenderung memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sebaliknya, masyarakat yang menganggap kondisi ekonomi dan politik buruk lebih memilih Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Dari basis responden yang menilai kinerja pemerintah baik, sebanyak 40% memilih Ganjar sebagai capres. Sementara, responden dari basis tersebut yang memilih Prabowo dan Anies masing-masing sebesar 25% dan 23%.

Sementara dari responden yang menilai kinerja pemerintah buruk, hanya 19% yang memilih Ganjar. Adapun, sisanya terbagi kepada Prabowo dan Anies.

Secara rinci, ada 35% responden yang menilai kinerja pemerintah buruk memilih Prabowo. Sedangkan, 32% responden melabuhkan pilihannya kepada Anies.

Lebih lanjut, survei juga menyebutkan bahwa Ganjar menjadi sosok capres yang dianggap paling bisa melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini sebagaimana disampaikan oleh 35% responden.

Sementara, Anies menjadi sosok capres yang paling tidak memungkinkan melanjutkan program Jokowi. Tercatat ada 21,3% responden yang menyatakan hal tersebut. 

Sebagai informasi, survei dilakukan dengan melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun atau lebih pada 2-11 Maret 2023. Sampel dipilih menggunakan teknik stratified multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,1%.

(Baca: Survei: Elektabilitas Ganjar Masih Teratas, Prabowo-Anies Imbang)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags