Data Suku Bunga Acuan BI pada Desember 2023

Bank Indonesia (BI) masih menahan suku bunga acuan BI Rate sebesar 6% pada Desember 2023. Ini menjadi bulan kedua bank sentral mempertahankan suku bunga acuan sejak menaikkannya pada Oktober 2023.

Monavia Ayu Rizaty

21 Des 2023 - 15.03

Data

Bank Indonesia (BI) masih menahan suku bunga acuan BI Rate sebesar 6% pada Desember 2023. Ini menjadi bulan kedua bank sentral mempertahankan suku bunga acuan sejak menaikkannya pada Oktober 2023.

Bank sentral juga tidak mengubah suku bunga deposit facility sebesar 5,25%. Begitu pula dengan suku bunga lending facility yang bertahan di level 6,75%. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan tersebut konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability untuk penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah. Selain itu, keputusan menahan suku bunga acuan sebagai langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali di sasaran 2,5±1% pada 2024.

Sementara, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

Adapun, BI memperkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 4,5%-5,3% pada 2023. Setahun setelahnya, BI memproyeksi ekonomi tanah air tumbuh dalam kisaran 4,7-5,5% pada 2024. 

Hal itu sejalan dengan keyakinan konsumsi masyarakat yang tetap kuat, dampak positif pelaksanaan pemilu, serta keberlanjutan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain itu, investasi diprakirakan terus mengalami kenaikan.

Sedangkan, BI memperkirakan ekonomi global tumbuh sebesar 3% (yoy) pada 2023. Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan India pada 2023 lebih baik dari hasil proyeksi awal, karena ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan ekspansi pemerintah. Di sisi lain, ekonomi China melemah seiring dengan konsumsi rumah tangga dan investasi yang tumbuh terbatas. 

(Baca: Data Historis Suku Bunga Acuan The Fed)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags