Gen Z dan Milenial Banyak Beli Pakaian saat Belanja Online

Menurut survei Alvara Research Center, pakaian menjadi barang yang paling sering dibeli oleh generasi Z dan milenial secara daring. Rinciannya, ada 56% generasi Z dan 43,3% milenial yang rutin berbelanja pakaian ketimbang barang lainnya di e-commerce.

Monavia Ayu Rizaty

8 Jul 2022 - 11.30

Data

Menurut hasil survei Alvara Research Center, pakaian menjadi barang yang paling sering dibeli oleh generasi Z dan milenial secara daring. Sebanyak 56% generasi Z dan 43,3% milenial mengaku rutin berbelanja pakaian ketimbang barang-barang lainnya. 

Sementara, mayoritas atau 37,9% generasi X paling sering membeli peralatan rumah tangga di e-commerce. Adapun, respoden dari generasi tersebut yang menyatakan rutin berbelanja pakaian sebesar 32%. 

Banyaknya generasi Z dan milenial yang membeli pakaian secara daring karena mayoritas dari mereka belum berumah tangga. Ini berbeda dengan generasi X yang lebih memilih membeli barang-barang bersifat fungsional untuk kepentingan rumah tangga.

Survei juga mengungkapkan bahwa generasi muda lebih mementingkan faktor emosional dibanding fungsional dalam berbelanja daring. Akibatnya, mereka sering tidak peduli terhadap harga, asal bisa mengikuti tren.

Kondisi tersebut cukup berbeda dengan generasi X yang lebih memilih menunggu waktu diskon agar bisa berhemat. Kendati, mereka harus menunggu dalam waktu yang relatif lebih lama.

Alvara melakukan survei dengan mewawancarai 1.529 responden yang tersebar di 34 provinsi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode multistage random sampling pada 20-31 Maret 2022.

(Baca: Generasi Z Indonesia Paling Stres Dibandingkan X dan Milenial)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags