Survei: Media Sosial Jadi Sumber Informasi Utama Anak Muda

Berdasarkan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh 59% responden.

Shilvina Widi

Sep 28, 2022 - 4:07 PM

Data

Sumber informasi anak muda di Indonesia telah mengalami pergeseran seiring perkembangan digital. Berdasarkan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh 59% responden. Persentasenya mengalami peningkatan dibandingkan pada 2018 yang sebesar 39,5%.

Sebanyak 32% anak muda kini mencari informasi melalui televisi. Kemudian, ada 6,3% responden yang mengandalkan berita online sebagai sumber informasi mereka.

Ada pula 1% responden yang menjadikan surat kabar sebagai sumber informasi mereka. Lalu, persentase anak muda yang menjadikan radio, podcast, dan lainnya sebagai sumber informasi sama-sama sebesar 0,3%.

Sebagai informasi, CSIS menggelar survei ini dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17-39 tahun di Indonesia pada 8-13 Agustus 2022. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,84% dan tingkat kepercayaan 95%. 

(Baca: Sederet Kompetensi Presiden pada 2024 yang Diinginkan Anak Muda)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags