Agenda Bursa Hari ini: RUPSLB IPCC & POLY (5 September 2023)

BEI mencatat 5 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Selasa, 5 September 2023. Diantaranya adalah jadwal ex dividen, pembayaran dividen, informasi obligasi dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Inneke Citra kasih

Sep 5, 2023 - 7:35 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Selasa (05/09) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 5 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini. Mulai dari jadwal ex dividen, pembayaran dividen, informasi obligasi dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dividen dan Obligasi

Pada hari ini terdapat jadwal ex dividen tunai PT Sumi Indo Kabel Tbk. (IKBI). Lalu, ada juga jadwal ex dividen tunai interim dari PT Sumber Global Energy Tbk. (SGER).

Kemudian, ada pula jadwal pembayaran dividen tunai interim PT Kedoya Adyaraya Tbk. (RSGK) pada hari ini. Selain itu, terdapat informasi pembayaran pokok seri ASDF05ACN5 ke 4 dari PT Astra Sedaya Finance (ASDF).

RUPS

Selanjutnya, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) dan PT Asia Pacific Fibers Tbk. (POLY) akan menggelar RUPS luar biasa (RUPSLB) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, IPCC akan menggelar RUPSLB pada hari ini pukul 14.00 WIB dengan menyebutkan satu agenda yaitu perubahan susunan pengurus Perseroan.

Sementara itu, pada hari ini POLY juga akan menggelar RUPSLB pada pukul 10.30 WIB dengan menyebutkan satu agenda yaitu persetujuan pengangkatan kembali/perubahan susunan Direksi.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten pada September 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags