Harga Bawang Merah Turun, Bawang Putih Stabil (6 September 2022)

Harga bawang merah terpantau bergerak turun pada perdagangan Selasa (6/9) siang, sedangkan harga bawang putih terpantau stabil.

Gita Arwana Cakti

Sep 6, 2022 - 2:00 PM

Data

Harga bawang merah terpantau bergerak turun pada perdagangan Selasa (6/9) siang, sedangkan harga bawang putih terpantau stabil.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) pukul 13.15 WIB, harga bawang merah turun Rp100/kg menjadi Rp36.600/kg dari Rp36.700/kg. 

Sementara itu, harga bawang putih tercatat dibanderol pada level 28.600/kg. Nilai itu terpantau tidak berubah sejak perdagangan 2 September 2022.

Menurut wilayahnya, harga bawang merah tertinggi berada di Papua Barat mencapai Rp60.000/kg. Harga bawang merah terendah berada di Bali senilai Rp25.750/kg. Di DKI Jakarta, harga bawang merah diperdagangkan sebesar Rp39.900/kg.

Untuk bawang putih, harga paling mahal berada di Maluku Utara sebesar Rp47.500/kg. Harga bawang putih termurah berada di Bali senilai Rp18.900/kg. Sedangkan, harga bawang putih di Jakarta dibanderol sebesar Rp36.450/kg.

Penurunan harga bawang merah tersebut terjadi setelah komoditas pangan tersebut sempat naik Rp300/kg pada perdagangan awal pekan ini. Sementara itu, harga bawang putih stagnan di hari ketiga.

Sebelumnya, harga bawang sempat bergerak turun seiring mulai masuknya masa panen di sejumlah sentra produksi pangan di tengah kondisi cuaca yang kondusif.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian mengharapkan petani bawang merah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyimpan sebagian hasil panenan sekitar 20%-30% untuk diproduksi menjadi benih yang bisa ditanam sendiri pada musim tanam berikutnya.

Langkah tersebut perlu diupayakan agar para petani memiliki stok benih bawang merah sendiri, mengingat Bantul merupakan salah satu lokasi terbaik dalam pengembangan bawang merah di Tanah Air.

Selain itu, dengan menghasilkan benih sendiri, maka petani tidak perlu khawatir ketika memasuki musim tanam hortikultura dan harga benih bawang merah mahal di pasaran.

Pemerintah daerah pun diharapkan dapat mengupayakan penyediaan gudang bawang merah yang memadai serta teknologi yang tepat dalam memproduksi benih berkualitas.

Sebagai informasi, Bantul merupakan salah satu sentra bawang merah di DIY dengan luas panen hampir 1.000 hektare per tahun. Namun demikian, petani sempat mengalami kendala harga benih yang mahal saat mau tanam.

(Baca: Produksi Bawang Putih Nasional Turun 44,88% pada 2021)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags