Penghentian Tambang Peru Buat Harga Tembaga Menguat

Tambang Las Bambas di Peru secara bertahap menghentikan produksinya sejak Rabu (15/12) setelah diblokade oleh masyarakat setempat.

Edo Ardiansyah

Dec 17, 2021 - 1:43 PM

Data

Harga tembaga dunia mengalami penguatan pada perdagangan Jumat (17/12) siang ini. Hal tersebut terjadi setelah salah satu tambang terbesar di Peru menghentikan produksinya..

Berdasarkan data perdagangan Jumat (17/12) pukul 11.00 WIB, harga tembaga dunia sebesar US$9.510,25/ton. Nilai tesebut naik 0,29% dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.


MMG Ltd yang mengelola tambang Las Bambas di Peru secara bertahap menghentikan produksinya sejak Rabu (15/12). Penyebab berhentinya proses produksi tembaga karena masyarakat setempat memblokade jalan yang digunakan Las Bambas mengangkut tembaga ke pelabuhan selama hampir satu bulan.

Melansir dari Reuters, masyarakat setempat menilai keberadaan Las Bambas sebagai industri produksi tambang terbesar di dunia tak memberi keuntungan bagi mereka. Mereka ingin perusahaan dapat menyediakan pekerjaan dan pendapatan bagi area sekitar.

Penutupan  tambang Las Bambas diperkirakan menghentikan produksi yang menyumbang 2% pasokan tembaga dunia. Diketahui, Las Bambas memiliki 60.770 ton tembaga yang terdampar di lokasi.

Kondisi itu bakal semakin memperketat pasokan tembaga global yang telah terpukul dengan gangguan pengiriman dan persediaan gudang yang rendah. 

(Baca: Harga Tembaga Merosot Jelang Rilis Data Inflasi AS)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags