Sejumlah klub sepak bola di dunia memiliki valuasi yang sangat fantastis. Bahkan, nilainya mampu menembus jutaan dolar Amerika Serikat (AS).
Valuasi tersebut didapatkan bukan hanya dari pendapatan selama pertandingan. Mereka juga meraih valuasi yang berasal dari pemasukan iklan, penyiaran, hingga nilai merek.
Melansir dari Forbes, berikut delapan klub sepak bola dengan valuasi terbesar per 31 Mei 2023:
1. Real Madrid
Real Madrid menjadi klub sepak bola dengan valuasi terbesar di dunia per 31 Mei 2023. Klub asal Spanyol itu memiliki valuasi hingga US$6,07 miliar.
Secara rinci, valuasi Real Madrid paling besar berasal dari penyiaran sebesar US$2,36 miliar. Kemudian, valuasi Real Madrid yang berasal dari iklan sebesar US$2,03 miliar.
Klub dengan julukan Los Blancos tersebut juga memperoleh valuasi sebesar US$1,01 miliar dari nilai merek. Sedangkan, valuasi Real Madrid yang berasal dari pertandingan sebesar US$673 juta
2. Manchester United
Manchester United (MU) menempati urutan kedua dengan valuasi sebesar US$6 miliar per 31 Mei 2023. Dari jumlah itu, valuasi senilai US$2,02 miliar yang dimiliki oleh MU berasal dari iklan.
The Red Devils juga memperoleh valuasi sebesar US$1,99 miliar dari penyiaran. Sementara, valuasi yang diraih dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebesar US$1 miliar dan US$988 juta.
3. Barcelona
Barcelona mencatatkan valuasi sebesar US$5,51 miliar per 31 Mei 2023. Dari jumlah itu, valuasi terbesar Barcelona dari penyiaran yang sebanyak US$1,95 miliar.
Barcelona juga memperoleh valuasi senilai US$1,84 miliar dari penyiaran iklan. Sedangkan, valuasi yang berasal dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebanyak US$919 juta dan US$800 juta.
4. Liverpool
Valuasi yang dimiliki Liverpool sebesar US$5,29 miliar per akhir bulan lalu. Sebagian besar valuasi itu didapatkan Liverpool berasal dari penyiaran dengan nilai US$2,13 miliar.
Valuasi senilai US$1,56 miliar didapatkan Liverpool dari iklan. Kemudian, valuasi yang diterima dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebesar US$840 juta dan US$760 juta.
5. Manchester City
Manchester City memiliki valuasi sebesar US$4,99 miliar per 31 Mei 2023. Valuasi terbesar Manchester City berasal dari iklan yang sebesar US$1,89 miliar.
The Citizens juga mendapatkan valuasi dari penyiaran yang sebesar US$1,83 miliar. Sedangkan, valuasi Manchester City dari nilai merek dan pertandingan secara berurutan sebesar US$877 juta dan US$399 juta.
6. Bayern Munich
Bayern Munich punya valuasi sebesar US$4,6 miliar per 31 Mei 2023. Klub asal Jerman itu menorehkan valuasi terbesarnya dari iklan yang sebanyak US$2,1 miliar.
Bayern Munich juga mencatatkan valuasi dari penyiaran sebesar US$1,39 miliar. Sementara, valuasi yang diterima dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebesar US$908 juta dan US$455 juta
7. Paris Saint-Germain
Paris Saint-Germain (PSG) memiliki valuasi sebesar US$4,21 miliar per akhir bulan lalu. Dari jumlah itu, valuasi PSG senilai US$1,85 miliar berasal dari iklan.
PSG juga mencatatkan valuasi dari penyiaran sebesar US$806 juta. Lalu, valuasi dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebanyak US$791 juta dan US$765 juta.
8. Chelsea
Chelsea mencatatkan valuasi sebesar US$3,1 miliar per 31 Mei 2023. Dari jumlah itu, valuasi terbesar Chelsea berasal dari penyiaran sebesar US$1,36 miliar.
Valuasi The Blues yang berasal dari iklan sebesar US$856 juta. Sementara, valuasi yang berasal dari nilai merek dan pertandingan masing-masing sebesar US$480 juta dan US$403 juta.
(Baca: Deretan Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia, Siapa Saja?)