Daftar Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa, Terbaru Nedim Bajrami

Piala Eropa 2024 baru bergulir selama empat hari sejak Sabtu (15/6) lalu. Namun, sejumlah rekor baru di kompetisi ini sudah tercatat, seperti gol tercepat. Pemain Albania, Nedim Bajrami memecahkan rekor baru gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa.

Ridha Kusuma Perdana

Jun 18, 2024 - 10:45 AM

Data

Piala Eropa 2024 baru bergulir selama empat hari atau sejak Sabtu (15/6) lalu. Namun, sejumlah rekor baru di kompetisi ini sudah tercatat, seperti gol tercepat. 

Pemain Albania, Nedim Bajrami memecahkan rekor gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa dengan 23 detik saat melawan Italia pada Minggu (16/6) dini hari. Dalam laga tersebut, Albania harus mengakui keunggulan Italia dengan skor tipis 1-2. 

Sebelumnya, rekor gol tercepat Piala Eropa dicetak pemain Rusia, Dmitri Kirichenko pada babak penyisihan grup Piala Eropa 2004. Kirichenko mencetak gol pada detik ke-67 sejak kickoff. Dalam laga ini Rusia menang 2-1 atas Yunani.

Lalu, ada pula gol cepat pemain Swedia, Emil Forsberg pada babak penyisihan grup Piala Eropa 2021. Forsberg mencetak gol cepat di detik ke-82 ke gawang Polandia. Laga berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Swedia.

Selanjutnya, ada gol pemain asal Denmark, Yussuf Poulsen pada babak penyisihan grup Piala Eropa 2021. Poulsen mencetak gol ke gawang Belgia pada detik ke-99. Dalam laga ini, Denmark kalah 1-2 dari Belgia. 

Kemudian, gol yang dicetak pemain Polandia, Robert Lewandowski pada perempat final Piala Eropa 2016 juga masuk dalam daftar ini. Pemain Barcelona ini mencetak gol ke gawang Portugal pada detik ke-100 setelah gagal mencetak gol di empat laga pembuka. Namun, pada laga ini Polandia harus gugur setelah kalah 5-3 lewat adu penalti.

Gol cepat juga dicatatkan pemain Inggris, Luke Shaw dalam pertandingan final Piala Eropa 2021. Pemain Man United ini mencetak gol cepat di detik ke-116 ke gawang Italia sekaligus gol pertamanya untuk tim Tiga Singa. 

Selanjutnya, gol cepat juga dicatatkan pemain Irlandia, Robbie Brady saat melawan Prancis pada babak penyisihan Piala Eropa 2016. Gol cepat Brady tepat 2 menit sejak kickoff membuat Irlandia unggul meski akhirnya harus kalah 1-2 dari Prancis.

Di daftar terakhir, ada gol cepat pemain Uni Soviet, Sergei Aleinikov pada babak penyisihan grup Piala Eropa 1988. Aleinikov mencetak gol di detik ke-127 ke gawang Inggris. Dalam laga ini, Uni Soviet menang 3-1 atas Inggris.

Adapun Piala Eropa 2024 saat ini masih dalam tahap babak penyisihan grup hingga Kamis (27/6). Sejumlah 16 tim yang lolos akan bertanding di fase gugur hingga final yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/7) mendatang.

(Baca: Jadwal Lengkap Fase Grup Piala Eropa 2024)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags