Indonesia Kuasai Gelar Juara Indonesia Open hingga 2022

Berdasarkan data Badminton World Federation (BWF) dan Tournament Software, Indonesia menjadi negara dengan perolehan gelar juara terbanyak di Indonesia Open sejak 1982-2022

Ridhwan Mustajab

Jun 13, 2023 - 4:29 PM

Data

Indonesia Open 2023 tengah digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 13-18 Juni 2023. Turnamen bulu tangkis Super 1.000 ini merupakan yang ke-40 sejak pertama kali digelar pada 1982.

Sepanjang sejarah Indonesia Open, sudah ada 14 negara yang meraih gelar juara. Dari jumlah itu, Indonesia mencatatkan perolehan gelar juara terbanyak sejak 1982-2022.

Berdasarkan data Badminton World Federation (BWF) dan Tournament Software, Indonesia telah meraih 85 gelar juara dalam 40 tahun terakhir. Jumlah itu terdiri dari 22 juara tunggal putra, 10 juara tunggal putri, 24 juara ganda putra, 13 juara ganda putri, dan 16 juara ganda campuran.

China menempati urutan kedua lantaran mengumpulkan 49 gelar juara. Negeri Tirai Bambu mengoleksi tiga juara tunggal putra, 16 juara tunggal putri, lima juara ganda putra, 13 juara ganda putri, dan 12 juara ganda campuran.

Korea Selatan menyusul dengan 15 gelar juara. Negeri Gingseng memperoleh satu juara tunggal putra, dua juara tunggal putri, tujuh juara pertandingan ganda putra, empat juara pertandingan ganda putri, dan satu juara pertandingan ganda campuran. 

Kemudian, Malaysia mencatatkan 11 gelar yang terdiri dari tujuh juara tunggal putra, tiga juara ganda putra, dan satu juara ganda putri. Posisinya diikuti Jepang dengan sembilan gelar yang merupakan dua juara tunggal putra, dua juara tunggal putri, dan lima juara ganda putri. 

Ada pula Denmark yang mendapatkan delapan gelar juara. Ini terdiri dari tiga juara tunggal putra, satu juara tunggal putri, satu juara ganda putri, dan tiga juara ganda campuran. 

Inggris mendapatkan tujuh gelar yang berasal dari tiga juara ganda putri dan empat juara ganda campuran. Sementara, Taiwan meraih lima gelar dengan rincian satu juara tunggal putra, tiga juara tunggal putri, dan satu juara ganda putra. 

Sementara, India mengoleksi empat gelar, yakni satu juara tunggal putra dan tiga juara tunggal putri. Lalu, Thailand meraih tiga gelar dalam Indonesia Open. 

Hong Kong menyabet dua gelar juara dalam kompetisi tersebut. Sementara, Amerika Serikat, Swedia, dan Polandia sama-sama meraih satu gelar juara.

(Baca: Jadwal Bulu Tangkis Indonesia Open 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags