Ronaldo Jadi Atlet dengan Pendapatan Tertinggi pada 2023

Cristiano Ronaldo menjadi atlet olahraga dengan pendapatan tertinggi di dunia. Pesepak bola yang baru saja mendapatkan predikat bayaran tertinggi pada akhir tahun lalu itu memiliki pendapatan mencapai US$136 juta.

Ridhwan Mustajab

May 4, 2023 - 4:23 PM

Data

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran jasmani. Namun, jika digeluti secara serius, olahraga dapat menghasilkan pundi-pundi yang fantastis, sebagaimana diraih oleh sejumlah atlet di dunia. 

Bahkan, pendapatan para atlet tersebut dapat mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat. Pendapatan itu tak hanya berasal dari dalam lapangan, tapi juga dari luar lapangan, seperti sponsor, lisensi, dan lainnya.

Forbes pun melakukan pemeringkatan terhadap atlet-atlet dengan gaji terbesar di dunia. Hal itu dilakukan dengan menghitung pendapatna mereka sejak 1 Mei 2022 hingga 1 Mei 2023. Berikut rinciannya:

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo menjadi atlet olahraga dengan pendapatan terbesar di dunia. Pesepak bola yang baru saja mendapatkan predikat bayaran tertinggi pada akhir tahun lalu itu memiliki pendapatan mencapai US$136 juta.

Secara rinci, pendapatan atlet berjuluk CR7 tersebut yang berasal dari dalam lapangan sebesar US$46 juta. Sedangkan, pendapatan Ronaldo dari luar lapangan sebesar US$90 juta.

2. Lionel Messi

Lionel Messi menyusul di posisi kedua dalam daftar ini. Pemain yang membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 itu punya pendapatan senilai  US$130 juta.

Secara rinci, pendapatan Messi yang berasal dari dalam dan luar lapangan sama-sama sebesar US$65 juta. Pendapatan itu juga tak lepas dari perusahaannya, Play Time yang diluncurkan pada Oktober 2022.

3. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menjadi atlet paling muda yang masuk dalam deretan ini. Pesepak bola berusia 24 tahun memiliki penghasilan sebesar US$120 juta.

Perinciannya, penghasilan Mbappe yang berasal dari dalam lapangan sebesar US$100 juta. Sementara, pendapatan atlet asal Prancis itu di luar lapangan sebesar US$20 juta. 

4. LeBron James

LeBron James menjadi atlet dengan pendapatan terbesar berikutnya dengan nilai US$119,5 juta. Pebasket Los Angeles Lakers itu meraup pendapatan dari dalam lapangan sebesar US$44,5 juta. 

Selain itu, LeBron juga meraih pendapatan dari luar lapangan sebesar US$75 juta. Pendapatan itu berasal dari portofolio endorsement, produser, hingga saham di Fenway Sports Group.

5. Canelo Alvarez

Canelo Alvarez menempati urutan kelima dalam daftar atlet dengan pendapatan tertinggi pada 2023. Petinju asal Meksiko itu mencatatkan pendapatan sebesar US$110 juta.

Alvarez mengumpulkan pendapatan paling banyak dari dalam lapangan mencapai US$100 juta. Ini lantaran Alvarez dibayar hingga puluhan juta dolar AS setiap kali naik ring. Sedangkan, pendapatannya dari luar lapangan sebesar US$10 juta.

6. Dustin Johnson

Dustin Johnson turut serta dalam daftar ini. Atlet golf asal Amerika Serikat itu punya penghasilan sebesar US$107 juta.

Johnson mendapatkan penghasilan dari dalam lapangan sebesar US$102 juta. Sedangkan, pendapatan Johnson yang berasal dari luar lapangan tercatat sebesar US$5 juta.

7. Phil Mickelson

Pemain golf lainnya yang menjadi atlet dengan pendapatan terbesar adalah Phil Mickelson. Forbes mencatat pendapatan atlet asal Amerika Serikat itu sebesar US$106 juta.

Mickelson meraup penghasilan dari dalam lapangan sebesar US$104 juta. Sementara, pendapatannya dari luar lapangan senilai US$2 juta, yang salah satunya dari perusahaan rintisannya, For Wellness.

8. Stephen Curry

Stephen Curry merupakan atlet basket lainnya yang masuk dalam daftar ini. Pebasket yang membela Golden State Warriors itu berada di urutan kedelapan dengan total pendapatan sebesar US$100,4 juta.

Stephen Curry mampu mencatatkan pemasukan dari dalam lapangan sebesar US$48,4 juta. Sementara, pemasukan yang diterima Stephen Curry dari luar lapangan sebesar US$52 juta.

(Baca: Daftar Peringkat FIFA di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags