Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen EXCL, RUPS ISAT (15 Mei 2023)

BEI mencatat 15 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Senin, 15 Mei 2023. Agendanya adalah jadwal cum HMETD BBKP, cum dividen EXCL, KRYA &LINK, DPS dividen KLBF, NICL & TLDN, pembayaran dividen KDTN, serta RUPS DAYA, ISAT, KUAS, NTBK, PTRO, SRTG & TRGU.

Inneke Citra kasih

May 15, 2023 - 7:59 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Senin (15/05) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 15 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal aktivitas terkait pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal cum date hingga pembayaran dividen, serta pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Pada hari ini terdapat jadwal cum HMETD dari PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP). Lalu, jadwal cum dividen tunai PT XL Axiata Tbk. (EXCL), PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk. (KRYA) dan PT Link Net Tbk. (LINK).

Sementara itu, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai dari PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF), PT PAM Mineral Tbk. (NICL) dan PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN). Kemudian, ada juga jadwal pembayaran dividen tunai PT Puri Sentul Permai Tbk. (KDTN) pada hari ini.

Selanjutnya, PT Duta Intidaya Tbk. (DAYA), PT Indosat Tbk. (ISAT), PT Ace Oldfields Tbk. (KUAS), PT Nusatama Berkah Tbk. (NTBK), PT Petrosea Tbk. (PTRO), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) dan PT Cerestar Indonesia Tbk. (TRGU) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, ISAT menyebutkan tujuh agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan atas penggunaan laba bersih perseroan, persetujuan atas penetapan remunerasi dewan komisaris perseroan untuk tahun 2023, persetujuan atas penunjukan akuntan publik perseroan, persetujuan atas perubahan susunan direksi dan/atau dewan komisaris perseroan.

Lalu, pembahasan atas laporan studi kelayakan yang dibuat oleh Kantor Jasa Penilai Independen (KJPP) Yanuar, Rosye dan rekan terkait rencana penambahan kegiatan usaha perseroan dalam rangka memenuhi ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan no. 17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usah, serta persetujuan atas perubahan ketentuan pasal 3 anggaran dasar perseroan terkait maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan.

Adapun, PTRO juga memiliki enam agenda RUPST yaitu penyampaian dan persetujuan atas laporan tahunan dan laporan pertanggungjawaban direksi dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris untuk tahun buku 2022, penyampaian dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik dan kantor akuntan publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2023, persetujuan perubahan susunan dewan komisaris dan direksi perseroan, serta penetapan remunerasi bagi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan.

Selain RUPST, PTRO juga menyebutkan agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) yaitu persetujuan untuk mengalihkan dan/atau menjaminkan lebih dari 50% kekayaan bersih perseroan sebagai jaminan hutang atas nama perseroan, hutang mana yang didapatkan atau akan didapatkan dari sumber perbankan atau kreditur lainnya.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: 8 Emiten Pembagi Dividen Tunai Tertinggi Sepanjang April 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags