Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen ABMM, RUPS MDLN (19 Mei 2023)

BEI mencatat 32 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini. Diantaranya adalah jadwal HMETD BBKP, dividen ABMM, HAIS, JSMR, MREK, MYOH, TCID, TOTL, WEGE, WTON, PLIN, POWR, SMBR, SSMS, ASII & MFIN , stock split TUGU, serta RUPS AISA, BAUT, BBHI, BINA, GMTD, KKES, MDLN, PBID, PJAA, SMSM, dll.

Inneke Citra kasih

May 19, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Jumat (19/05) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 32 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal aktivitas terkait pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal cum date hingga pembayaran dividen, stock split serta pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Jadwal HMETD dan Stock Split

Pada hari ini terdapat jadwal distribusi HMETD dari PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP). Lalu, ada juga jadwal akhir perdagangan nominal lama stock split PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU).

Cum Date, Ex, DPS Hingga Pembayaran Dividen

Selain itu, ada jadwal cum dividen tunai dari PT ABM Investama Tbk. (ABMM), PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. (HAIS), PT Jasa Marga Tbk. (JSMR), Merck Tbk. (MERK), PT Samindo Resources Tbk. (MYOH), PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID), PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL) dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) pada hari ini. Adapula, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Plaza Indonesia Realty Tbk. (PLIN), PT Cikarang Listrindo Tbk. (POWR), PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS).

Selanjutkan, pada hari ini juga merupakan jadwal pembayaran dividen tunai PT Astra International Tbk. (ASII) dan PT Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) pada hari ini.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten Pekan Ketiga Mei 2023)

Jadwal RUPS

Sementara itu, PT FKS Food Sejahtera Tbk. (AISA), PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk. (BAUT), PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI), PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA), PT Estee Gold Feet Tbk. (EURO), PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD), PT Tanah Laut Tbk. (INDX), PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk. (KKES), PT Modernland Realty Tbk. (MDLN), PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID), PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA), PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM), PT Sumber Tani Agung Resources Tbk. (STAA), PT Surya Dumai Industri Tbk. (SUDI) dan PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk. (TAMU) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

RUPS BBHI

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BBHI menyebutkan tujuh agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan laporan direksi dan laporan pengawasan dewan komisaris serta laporan tahunan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, laporan direksi atas rencana kerja (business plan) perseroan tahun 2023 dan laporanrencana aksi keuangan berkelanjutan, penunjukkan kantor akuntan publik yang akan melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, penetapan honorarium dan tunjangan lainnya bagi direksi dan dewan komisaris perseroan, laporan dan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum terbatas III (PUT III), serta perubahan anggaran dasar perseroan.

RUPS BINA

Lalu, pada hari ini BINA juga akan menggelar RUPS luar biasa (RUPSLB) dengan dua agenda yakni meminta persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan dan persetujuan perubahan susunan direksi perseroan.

RUPS MDLN

Kemudian, ada juga MDLN yang menyebutkan empat agenda RUPST pada hari ini yaitu meminta persetujuan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian dan laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan keuntungan perseroan, penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2023 kepada direksi dan dewan komisaris perseroan serta tantiem untuk tahun buku 2022, dan penunjukan akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023.

RUPS PJAA

Adapun, PJAA juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan perseroan, termasuk di dalamnya laporan direksi dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan, serta pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan atas rencana penggunaan laba bersih perseroan, penetapan penghasilan bagi direksi dan dewan komisaris perseroan tahun 2023 dan tantiem direksi dan dewan komisaris perseroan kinerja tahun buku 2022, serta penunjukan akuntan publik independen yang akan melakukan audit atas buku-buku perseroan untuk tahun buku 2023 dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik independen tersebut serta persyaratan lain penunjukannya.

RUPS SMSM

Selanjutnya, SMSM juga menyebutkan empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan perseroan termasuk pengesahan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan, serta pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan honorarium dan/atau tunjangan anggota dewan komisaris dan direksi perseroan untuk tahun buku 2023, serta penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit terhadap laporan keuangan perseroan tahun buku 2023.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: 8 Emiten dengan Dividen Tertinggi, Periode Cum Date 15-19 Mei 23)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags