Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen BRIS, RUPS GIAA (30 Mei 2023)

BEI mencatat 37 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini. Diantaranya adalah jadwal dividen BPII, BRIS, IDEA, NAYZ, BAUT, GMTD, KKES, PBID, PJAA, SMSM, STAA, AMRT, DLTA, EAST, INTP, JAYA, MIDI, TPIA, TPMA, UVCR, VINS, PLIN, TCID & TLDN, Serta RUPS BEST, BKSW, HEAL, MARK, PGAS, RELI, dll.

Inneke Citra kasih

May 30, 2023 - 7:37 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Selasa (35/05) hingga pukul 07.35 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 37 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Selain itu, hari ini juga terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk. (BPII), PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), PT Idea Indonesia Akademi Tbk. (IDEA), PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk. (BSML), dan PT Hassana Boga Sejahtera Tbk. (NAYZ).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk. (BAUT), PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD), PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk. (KKES), PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID), PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA), PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) dan PT Sumber Tani Agung Resources Tbk. (STAA).

Adapula, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT), PT Delta Djakarta Tbk. (DLTA), PT Eastparc Hotel Tbk. (EAST), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP), PT Armada Berjaya Trans Tbk. (JAYA), PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA), PT Trimegah Karya Pratama Tbk. (UVCR) dan PT Victoria Insurance Tbk. (VINS).

Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai/interim dari PT Plaza Indonesia Realty Tbk. (PLIN), PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID) dan PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN).

Jadwal RUPS

Sementara itu, PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. (BEST), PT Bank QNB Indonesia Tbk. (BKSW), PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk. (GHON), PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL), PT Mark Dynamics Indonesia Tbk. (MARK), PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS), PT Pradiksi Gunatama Tbk. (PGUN), PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk. (RELI), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), PT Uni-Charm Indonesia Tbk. (UCID), dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

RUPS BEST

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BEST menyebutkan lima agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan perseroan tahun buku 2022, pengesahan laporan keuangan perseroan, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, persetujuan penunjukan akuntan publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, serta penetapan remunerasi bagi anggota dewan komisaris dan anggota direksi perseroan.

RUPS BKSW

Kemudian, ada juga BKSW juga akan menyebutkan empat agenda RUPST yakni meminta persetujuan atas laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk melakukan audit terhadap laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium akuntan publik tersebut serta persyaratan lain penunjukannya, penetapan honorarium/ gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan tahun buku 2023, serta persetujuan atas perubahan direksi perseroan.

(Baca: VKTR Berniat IPO, Ini Saham Grup Bakrie Sepanjang 2023 Berjalan)

RUPS HEAL

Sementara itu, pada hari ini HEAL juga akan menggelar RUPST dengan lima agenda yakni persetujuan dan pengesahan laporan tahunan Perseroan untuk tahun buku 202, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, laporan dan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi berkelanjutan I Medikaloka Hermina Tahap II Tahun 2022, penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023, dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik serta persyaratan lainnya, dan penetapan remunerasi bagi anggota direksi dan dewan komisaris perseroan.

Kemudian, HEAL juga menyebutkan agenda RUPS luar biasa yaitu perubahan pasal 17 ayat 5 anggaran dasar mengenai pengumuman laporan keuangan perseroan.

RUPS MARK

Adapun, MARK juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukkan akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023, dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium akuntan publik serta persyaratan lainnya, dan penetapan remunerasi bagi anggota direksi dan dewan komisaris perseroan.

Pada saat yang sama, MARK juga akan menyebutkan dua agenda RUPSLB yakni meminta untuk menjaminkan aset perseroan dengan jumlah lebih dari 1/2 bagian dari kekayaan bersih perseroan sehubungan dengan fasilitas pinjaman yang diperoleh perseroan dari bank dan/atau lembaga keuangan lainnya, serta perubahan pasal 17 ayat 5 anggaran dasar mengenai pengumuman laporan keuangan perseroan.

RUPS PGAS

Selanjutnya, PGAS juga menyebutkan tujuh agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan dan laporan tahunan tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan tahun buku 2022 serta laporan tugas pengawasan dewan komisaris tahun buku 2022, pengesahan laporan keuangan tahunan perseroan dan laporan keuangan program pendanaan usaha mikro dan usaha kecil perseroan tahun buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab anggota direksi dan dewan komisaris untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih, termasuk pembagian dividen, penetapan tantiem untuk direksi dan dewan komisaris perseroan tahun buku 2022, serta gaji/honorarium, berikut fasilitas dan tunjangan tahun buku 2023.

Lalu, penetapan kantor akuntan publik untuk melaksanakan audit laporan keuangan konsolidasian tahun buku 2023, audit kepatuhan PSA 62, audit laporan keuangan pendanaan usaha mikro dan usaha kecil (PUMK) terkait program tanggung jawab sosial dan lingkungan, dan penerapan prosedur yang disepakati atas laporan hasil evaluasi kinerja KPI korporat dan KPI individual tahun buku 2023, ratifikasi peraturan menteri BUMN no. PER-01/MBU/03/2023, no. PER-02/MBU/03/2023 dan no. No. PER-03/MBU/03/2023, serta perubahan susunan pengurus perseroan.

RUPS RELI

Pada hari ini, RELI juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan direksi dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris mengenai keadaan dan jalannya usaha perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan tahunan perseroan, serta memberikan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada dewan komisaris dan direksi perseroan atas tindakan pengawasan dan pengurusan yang mereka lakukan dalam tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, serta pendelegasian wewenang kepada dewan komisaris untuk menunjuk akuntan publik dan kantor akuntan publik perseroan untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium serta persyaratan lain berkenaan dengan penunjukan tersebut.

(Baca: Pembagian Dividen Tunai Emiten Grup Astra, UNTR Lampaui ASII)

RUPS TLKM

Kemudian, TLKM juga menyebutkan Sembilan agenda RUPST pada hari ini yaitu meminta persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan, persetujuan laporan tugas pengawasan dewan komisaris serta pengesahan laporan keuangan program PUMK tahun buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi atas tindakan pengurusan perseroan dan dewan komisaris atas tindakan pengawasan perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan tantiem tahun buku 2022, gaji untuk direksi dan honorarium Untuk dewan komisaris berikut fasilitas dan tunjangan lainnya untuk Tahun 2023, penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan dan laporan keuangan program PUMK perseroan tahun buku 2023.

Lalu, persetujuan atas rencana perseroan untuk pemisahan usaha yang merupakan suatu transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 42/2020 tentang Transaksi afiliasi dan benturan kepentingan, dan juga merupakan suatu transaksi material sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 17/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha, persetujuan atas rencana perseroan untuk melakukan pemisahan usaha, sehubungan dengan pemenuhan undang-undang no.40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang No.6 tahun 2023 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang No.2 tahun 2022 tentang cipta kerja menjadi undang-undang, persetujuan penugasan khusus perseroan oleh Presiden RI, pengukuhan pemberlakuan atas peraturan menteri BUMN nomor PER-1/MBU/03/2023 tanggal 3 Maret 2023, nomor PER-2/MBU/03/2023 tanggal 3 Maret 2023 dan nomor PER-3/MBU/03/2023 tanggal 20 Maret 2023, serta perubahan susunan pengurus perseroan.

RUPS UCID

Adapun, pada hari ini UCID juga memiliki enam agenda RUPS yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan perseroan termasuk laporan keuangan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan atas penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2023 kepada anggota direksi dan anggota dewan komisaris perseroan, persetujuan atas penunjukan kantor akuntan publik terdaftar untuk mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, persetujuan atas perubahan susunan anggota direksi perseroan, serta laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum perdana saham per 31 Desember 2022.

Selain RUPST, UCID juga menyebutkan agenda RUPSLB yakni meminta persetujuan pengalihan secara keseluruhan saham hasil pembelian kembali tahun 2020 yang disimpan sebagai saham treasuri sebanyak 13.260.000 saham dalam rangka program kepemilikan saham bagi manajemen & karyawan perseroan (MESOP).

RUPS GIAA

Selanjutnya, ada GIAA yang juga akan menggelar RUPST pada hari ini dengan menyebutkan Sembilan RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih, penetapan tantiem untuk direksi dan dewan komisaris perseroan, penunjukan kantor akuntan publik dan/atau akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023 dan laporan keuangan program PUMK perseroan tahun buku 2023, perubahan anggaran dasar perseroan, pengukuhan pemberlakukan peraturan menteri BUMN RI, persetujuan pengalihan kekayaan perseroan yang merupakan lebih dari 50% jumlah kekayaan bersih perseroan, yang merupakan lebih dari 50% jumlah kekayaan bersih perseroan, laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum, serta perubahan pengurus perseroan.

(Baca: Kinerja Garuda Indonesia (GIAA) Kuartal I/2019-Kuartal I/2023)

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags