Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen MIKA, RUPS BALI (31 Mei 2023)

BEI mencatat 44 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini. Diantaranya adalah jadwal dividen BISI, ITIC, MIKA, MLBI, SICO, SKLT, BPII, BRIS, BSML, IDEA, NAYZ, BAUT, GMTD, KKES, PBID, PJAA, SMSM, STAA, EXCL, Obligasi ASDF, serta RUPS BALI, BCIC, CLEO, HERO, KAEF, dll.

Inneke Citra kasih

May 31, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Rabu (31/05) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 44 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Bisi International Tbk. (BISI), PT Indonesian Tobacco Tbk.  (ITIC), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA), PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI), PT Sigma Energy Compressindo Tbk.  (SICO) dan PT Sekar Laut Tbk. (SKLT).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk. (BPII), PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS), PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk. (BSML), PT Idea Indonesia Akademi Tbk. (IDEA) dan PT Hassana Boga Sejahtera Tbk. (NAYZ).

Adapula, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk. (BAUT), PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD), PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk. (KKES), PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID), PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA), PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) dan PT Sumber Tani Agung Resources Tbk. (STAA).

Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai dari PT XL Axiata Tbk. (EXCL), PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF), PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY), PT PAM Mineral Tbk. (NICL), PT Petrosea Tbk. (PTRO) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR).

Obligasi 

Selain itu, pada hari ini juga terdapat informasi pembayaran kupon seri ASDF05BCN1 ke 11 dari PT Astra Sedaya Finance.

Jadwal RUPS

Sementara itu, PT Samator Indo Gas Tbk. (AGII), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk. (ASLC), PT Anabatic Technologies Tbk. (ATIC), PT Bali Towerindo Sentra Tbk. (BALI), PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC), PT Estika Tata Tiara Tbk. (BEEF), PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (CARS), PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO), PT Hero Supermarket Tbk. (HERO), PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA), PT Indofarma Tbk. (INAF), PT Kimia Farma Tbk. (KAEF), PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC), PT Palma Serasih Tbk. (PSGO), PT Pudjiadi Prestige Tbk. (PUDP), PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk. (SMKL), PT Saraswanti Indoland Development Tbk. (SWID), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) dan PT Tempo Scan Pacific Tbk. (TSPC) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

RUPS BALI

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BALI menyebutkan enam agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan dan pengesahan atas laporan tahunan tahun 2022 dan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang akan melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, penetapan atau pemberian kewenangan kepada dewan komisaris untuk menetapkan honorarium dan/atau gaji beserta tunjangan anggota dewan komisaris dan anggota direksi perseroan, persetujuan atas perubahan susunan dewan komisaris dan direksi perseroan, serta pengesahan atas laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum sukuk ijarah berkelanjutan I Bali Tower tahap I tahun 2022.

Selain RUPST, BALI juga memiliki dua agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) yaitu penyesuaian kegiatan usaha dan perubahan anggaran dasar perseroan, serta persetujuan penambahan modal perseroan sebanyak-banyaknya sebesar 10% dari modal disetor melalui mekanisme penambahan modal perusahaan terbuka tanpa HMETD sesuai dengan ketentuan POJK no.14/POJK.04/2019 tentang perubahan atas POJK nomor 32/POJK.04/2015 tentang penambahan modal perusahaan terbuka dengan memberikan HMETD.

RUPS CLEO

Kemudian, ada juga CLEO juga akan menyebutkan lima agenda RUPST yakni meminta persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba perseroan, penunjukan akuntan publik independen untuk mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, penetapan honorarium dan tunjangan lainnya anggota direksi dan dewan komisaris perseroan, serta persetujuan atas perubahan susunan direksi dan dewan komisaris perseroan.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten Pekan Terakhir Mei 2023)

RUPS HERO

Sementara itu, pada hari ini HERO juga akan menggelar RUPST dengan tujuh agenda yakni persetujuan atas laporan tahunan perseroan 2022 termasuk pengesahan laporan keuangan konsolidasian serta laporan tugas pengawasan dewan komisaris untuk tahun buku 2022, persetujuan penggunaan laba perseroan, persetujuan penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2023, persetujuan penetapan remunerasi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan, persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan, persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan, serta persetujuan atas rencana dan pelaksanaan penjualan tanah-tanah dan bangunan-bangunan milik perseroan yang merupakan sebagian besar harta kekayaan perseroan, yang akan dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RUPS KAEF

Adapun, KAEF juga memiliki enam agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan, serta pengesahan laporan keuangan program pendanaan usaha mikro dan usaha kecil, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi atas tindakan pengurusan perseroan dan dewan komisaris atas tindakan pengawasan perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan remunerasi tahun 2023 serta insentif kinerja untuk tahun buku 2022 bagi direksi dan dewan komisaris perseroan.

Lalu, penunjukan kantor akuntan publik (KAP) untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan dan laporan program pendanaan usaha mikro dan usaha kecil (PUMK) tahun buku 2023, laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran obligasi wajib konversi Kimia Farma I tahun 2023, serta pengukuhan pemberlakuan peraturan menteri BUMN RI nomor PER-1/MBU/03/2023, nomor PER-2/MBU/03/2023 dan nomor PER-3/MBU/03/2023.

RUPS MEDC

Selanjutnya, MEDC juga menyebutkan sembilan agenda RUPST yaitu meminta persetujuan atas laporan direksi dan laporan dewan komisaris perseroan untuk kegiatan yang dilakukan perseroan serta pengesahan neraca dan perhitungan laba rugi untuk tahun buku 2022, penetapan atas penggunaan laba bersih perseroan persetujuan untuk menunjuk akuntan publik independen yang akan mengaudit laporan keuangan untuk tahun buku 2023, persetujuan atas penentuan remunerasi direksi dan dewan komisaris perseroan untuk periode Januari – Desember 2023, pelaporan kepada pemegang saham sehubungan dengan wafatnya salah satu anggota dewan komisaris perseroan.

Kemudian, persetujuan atas rencana pembelian kembali saham perseroan sesuai dengan peraturan OJK No. 30/POJK.04/2017, persetujuan atas pengalihan saham hasil pembelian kembali dengan cara pelaksanaan program kepemilikan saham oleh karyawan dan/atau direksi dan dewan komisaris perseroan, perusahaan anak dan perusahaan afiliasi dari perseroan, persetujuan atas perubahan pasal 3 dan pasal 17 ayat (7) anggaran dasar perseroan, serta laporan atas realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi.

RUPS TBIG

Pada hari ini, TBIG juga memiliki lima agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih untuk tahun buku 2022, penunjukan akuntan publik dan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023, penetapan gaji dan tunjangan anggota direksi dan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk anggota dewan komisaris perseroan, serta laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hasil penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure tahap IV tahun 2022, penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure tahap V tahun 2022; dan penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan V Tower Bersama Infrastructure tahap VI tahun 2023.

RUPS TSPC

Kemudian, TSPC juga menyebutkan dua agenda RUPST pada hari ini yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan dan pengesahan neraca dan perhitungan laba rugi konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022 serta penggunaan keuntungan perseroan, serta penunjukan akuntan publik untuk mengaudit neraca, perhitungan laba rugi dan bagian-bagian lain laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2023 dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan honorarium akuntan publik serta persyaratan lain mengenai penunjukan itu.

(Baca: Berencana Rights Issue, Ini Laju Saham BBKP hingga BCIC)

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags