Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen MTEL, RUPS DSSA (2 Mei 2023)

BEI mencatat 16 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Selasa, 2 Mei 2023. Diantaranya adalah jadwal cum dividen GOOD & MTEL, ex dividen AVIA, BTPN, PRDA & RUNS, DPS dividen BJTM, BTPS, KEJU, MKTR, TMAS & UNTR, pelaksanaan waran IATA, serta RUPS DSSA, EPMT & LUCY.

Inneke Citra kasih

May 2, 2023 - 8:30 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Selasa (02/05) hingga pukul 07.50 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat 16 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Pada hari ini terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. (GOOD) dan PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL). Lalu, ada jadwal ex dividen tunai PT Avia Avian Tbk. (AVIA), PT Bank BTPN Tbk. (BTPN), PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) dan PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) pada hari ini.

Adapula jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS), PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU), PT Menthobi Karyatama Raya Tbk. (MKTR), PT Temas Tbk. (TMAS) dan PT United Tractors Tbk. (UNTR).

Selain itu, ada pula jadwal mulai pelaksanaan waran dari PT MNC Energy Investments Tbk. (IATA). Selanjutnya, ada PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA), PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT) dan PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY) yang akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, DSSA menyebutkan agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) yaitu meminta persetujuan atas rencana restrukturisasi entitas anak perseroan.

Kemudian, EPMT juga memiliki lime agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022, persetujuan atas penggunaan keuntungan perseroan, perubahan susunan pengurus Perseroan, penentuan gaji dan/atau honorarium anggota dewan komisaris dan anggota direksi perseroan, serta penunjukan kantor akuntan publik terdaftar untuk mengaudit/memeriksa buku-buku Perseroan untuk tahun buku 2023.

Adapun, LUCY juga menyebutkan lima agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan penetapan penggunaan laba bersih perseroan, persetujuan penetapan kantor akuntan publik (KAP) yang akan melakukan audit laporan keuangan konsolidasi perseroan untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium KAP serta persyaratan lainnya, persetujuan perubahan direksi dan dewan komisaris perseroan, serta penetapan honorarium dan tunjangan lainnya bagi dewan komisaris perseroan dan pelimpahan wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan honorarium dan tunjangan lainnya bagi direksi perseroan masing-masing untuk tahun buku 2023. 

Selain RUPST, LUCY juga memiliki empat RUPSLB pada hari ini yaitu meminta persetujuan atas rencana pelaksanaan Penambahan Modal Perseroan Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD), persetujuan perubahan pasal 4 anggaran dasar perseroan terkait dengan peningkatan modal dasar perseroan dalam rangka rencana pelaksanaan PMHMETD dari semula Rp20 miliar atau sejumlah 2 miliar saham dengan nilai nominal Rp10 per saham, menjadi Rp50 miliar atau 5 miliar saham dengan nilai nominal Rp10 per saham, persetujuan penambahan kegiatan usaha utama perseroan dalam rangka rencana pelaksanaan PMHMETD serta pengembangan usaha perseroan dan dengan demikian mengubah Pasal 3 anggaran dasar perseroan, serta persetujuan pemegang saham independen untuk pengembangan usaha perseroan melalui transaksi pengambilalihan (akuisisi) 54% saham yang telah dikeluarkan dalam PT Graha Senopati Sentosa dan 51% saham yang telah dikeluarkan dalam PT Kreasi Sejahtera Bahagia yang dikategorikan sebagai Transaksi Afiliasi dan Transaksi Material.  

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Agenda Bursa: Pembayaran Dividen hingga RUPS Sepanjang Mei 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags