Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen SILO, RUPS ELSA (6 Juni 2023)

BEI mencatat 45 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Selasa, 6 Juni 2023. Diantaranya adalah jadwal cum HMETD, cum dividen, ex dividen, DPS dividen, pembayaran dividen, stock split, hingga RUPST & RUPSLB.

Inneke Citra kasih

Jun 6, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Selasa (06/06) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 45 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal aktivitas terkait jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal cum date hingga pembayaran dividen, jadwal stock split, dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal cum date dividen tunai dari PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. (ELPI), PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (MREI), PT Jayamas Medica Industri Tbk. (OMED), PT Paramita Bangun Sarana Tbk. (PBSA), PT Millennium Pharmacon International Tbk. (SDPC), PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), PT Surya Pertiwi Tbk. (SPTO) dan PT Victoria Care Indonesia Tbk. (VICI).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Arthavest Tbk. (ARTA), PT Baramulti Suksessarana Tbk. (BSSR), PT Data Sinergitama Jaya Tbk. (ELIT), PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS), PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP), PT Mitra Investindo Tbk. (MITI), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX), PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. (NELY), PT Pinago Utama Tbk. (PNGO), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) dan PT Superkrane Mitra Utama Tbk. (SKRN).

Adapula, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Bisi International Tbk. (BISI), PT Indonesian Tobacco Tbk.  (ITIC), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA), PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI), PT Sigma Energy Compressindo Tbk.  (SICO) dan PT Sekar Laut Tbk. (SKLT).

Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai dari PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk. (KRYA) dan PT Cikarang Listrindo Tbk. (POWR).

HMETD & Stock Split 

Selain itu, pada hari ini juga terdapat jadwal cum HMETD dari PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS). Lalu, jadwal awal perdagangan nominal baru stock split dari PT Mandom Indonesia Tbk. (TCID).

Jadwal RUPS

Sementara itu, PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS), PT Argha Karya Prima Ind. Tbk. (AKPI), PT Alam Sutera Realty Tbk. (ASRI), PT Indo Kordsa Tbk. (BRAM), PT GTS Internasional Tbk. (GTSI), PT Leo Investments Tbk. (ITTG), PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk. (JGLE), PT Leyand International Tbk. (LAPD), PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk. (MCOR), PT IMC Pelita Logistik Tbk. (PSSI), PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC), PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk. (SCCO), PT Organon Pharma Indonesia Tbk. (SCPI), PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMAR), PT Venteny Fortuna International Tbk. (VTNY) dan PT Elnusa Tbk. (ELSA) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

(Baca: Jadwal Lengkap hingga Rencana Penggunaan Dana IPO AMMN)

RUPS AGRS

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, AGRS menyebutkan empat agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan dan pengesahan atas laporan tahunan perseroan serta pemberian pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris perseroan atas pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku 2022, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan kantor akuntan publik dan/atau akuntan publik untuk mengaudit buku-buku perseroan untuk tahun buku 2023 dengan pertimbangan dewan komisaris dan pemberian kuasa kepada dewan komisaris untuk menetapkan honorarium kantor akuntan publik dan/atau akuntan publik tersebut serta persyaratan lain penunjukannya, serta laporan dan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penambahan modal dengan HMETD IV sesuai POJK No. 3O/POJK.04/2015.

RUPS ASRI

Kemudian, ada juga ASRI juga akan menyebutkan empat agenda RUPST yakni meminta persetujuan laporan tahunan, pengesahan laporan keuangan dan pengesahan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022, penggunaan laba bersih perseroan, memberikan wewenang kepada dewan komisaris untuk menunjuk kantor akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023 serta untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik tersebut beserta persyaratan lain penunjukannya, serta penetapan susunan pengurus perseroan untuk periode berikutnya.

RUPS MCOR

Sementara itu, pada hari ini MCOR juga akan menggelar RUPST dengan lima agenda yakni persetujuan laporan tahunan perseroan, termasuk laporan tugas pengawasan dewan komisaris mengenai keadaan dan jalannya perseroan dan laporan keuangan tahunan perseroan tahun buku 2022 yang telah diaudit oleh akuntan publik, penetapan penggunaan laba perseroan, pemberian kuasa kepada dewan komisaris untuk menentukan besarnya gaji, tunjangan dan bonus bagi anggota direksi untuk tahun buku 2023, pemberian kuasa kepada pemegang saham mayoritas untuk menentukan besarnya gaji, tunjangan dan bonus bagi anggota dewan komisaris untuk tahun buku 2023, serta persetujuan penunjukkan akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023.

RUPS SCCO

Adapun, SCCO juga memiliki lima agenda RUPST yaitu meminta persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang mereka lakukan selama tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan dan entitas anaknya untuk tahun buku 2023, dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik serta persyaratan lainnya, penetapan gaji dan/atau tunjangan anggota direksi serta honorarium dan/atau tunjangan anggota dewan komisaris perseroan, serta pengangkatan dan/atau pengangkatan kembali dewan komisaris perseroan dan perubahan susunan direksi perseroan.

Selain RUPST, SCCO juga menyebutkan agenda RUPS luar biasa (RUSLB) yakni perubahan anggaran dasar perseroan.

RUPS SCPI

Selanjutnya, SCPI juga menyebutkan empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan direksi perseroan dalam kegiatan usaha perseroan dan administrasi keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan penggunaan laba bersih perseroan, persetujuan untuk penunjukan kantor akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, serta persetujuan atas penentuan gaji dan tunjangan lain direksi dan dewan komisaris perseroan untuk periode Januari sampai dengan Desember 2023.

RUPS SMAR

Pada hari ini, SMAR juga memiliki delapan agenda RUPST yaitu meminta persetujuan atas Laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan dan pengesahan atas perhitungan tahunan dan pengesahan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan, penetapan dan persetujuan atas penggunaan laba perseroan, penetapan gaji, honorarium dan/atau tunjangan direksi dan dewan komisaris perseroan, penunjukkan akuntan publik independen untuk mengaudit buku-buku perseroan untuk tahun buku 2023.

Lalu, persetujuan untuk perubahan anggaran dasar perseroan terkait penambahan klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia tanpa merubah kegiatan usaha utama perseroan dan pengumuman laporan keuangan dalam rangka menyesuaikan dengan POJK No. 14/POJK.04/2022 tentang penyampaian laporan keuangan berkala emiten atau perusahaan publik, laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi perseroan, dan persetujuan pemberian kuasa dan wewenang kepada direksi perseroan dalam rangka mengalihkan kekayaan perseroan atau menjadikan jaminan utang kekayaan perseroan yang merupakan lebih dari 50%  jumlah kekayaan bersih perseroan dalam satu transaksi atau lebih, baik yang berkaitan satu sama lain maupun tidak.

RUPS ELSA

Kemudian, ELSA juga menyebutkan lima agenda RUPST pada hari ini yaitu meminta persetujuan laporan tahunan 2022 termasuk didalamnya laporan pengawasan dewan komisaris dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan tantiem tahun 2022 dan remunerasi tahun 2023 bagi anggota direksi dan dewan komisaris, penunjukan akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan tahunan perseroan tahun buku 2023, serta persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan.

(Baca: 8 Emiten Pembagi Dividen Tunai Tertinggi Sepanjang Mei 2023)

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags