Agenda Bursa Hari ini: Cum Dividen TLKM, RUPS HMSP (9 Juni 2023)

BEI mencatat 56 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Jumat, 9 Juni 2023. Diantaranya adalah jadwal distribusi HMETD, cum dividen, ex dividen, DPS dividen, pembayaran dividen, info obligasi, hingga RUPST & RUPSLB.

Inneke Citra kasih

Jun 9, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Jumat (09/06) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 55 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal aktivitas terkait jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal cum date hingga pembayaran dividen, informasi obligasi dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk. (GHON), PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL), PT Mark Dynamics Indonesia Tbk. (MARK), PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL), PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) dan PT Uni-Charm Indonesia Tbk. (UCID).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Sat Nusapersada Tbk. (PTSN), PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA), PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk. (SAMF), PT Wismilak Inti Makmur Tbk. (WIIM) dan PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk. (ZYRX).

Adapula, jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai PT Multi Prima Sejahtera Tbk. (LPIN), PT Mulia Industrindo Tbk. (MLIA), PT Nusa Raya Cipta Tbk. (NRCA), PT Indo Oil Perkasa Tbk. (OILS), PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (SBMA) dan PT Surya Toto Indonesia Tbk. (TOTO).

Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai dari PT ABM Investama Tbk. (ABMM), PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. (HAIS), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), PT Samindo Resources Tbk. (MYOH), PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR), PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SMCB), PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) dan PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) pada hari ini.

HMETD, Obligasi, RUPS

Selain itu, pada hari ini juga terdapat jadwal distribusi HMETD dari PT Bank IBK Indonesia Tbk. (AGRS). Lalu, ada juga informasi pembayaran kupon seri BVIC03ACN1 ke 1 dan seri BVIC03BCN1 ke 1 dari PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC).

Sementara itu, PT Mineral Sumberdaya Mandiri Tbk (AKSI), PT Pacific Strategic Financial Tbk. (APIC), PT Bumi Citra Permai Tbk. (BCIP), PT Bintang Mitra Semestaraya Tbk. (BMSR), PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO), PT Dyandra Media International Tbk. (DYAN), PT MD Pictures Tbk. (FILM), PT Lotte Chemical Titan Tbk. (FPNI), PT H.M. Sampoerna Tbk. (HMSP), PT Grand House Mulia Tbk. (HOMI).

Kemudian ada pula agenda RUPS PT Harum Energy Tbk. (HRUM), PT Toba Pulp Lestari Tbk. (INRU), PT Trimitra Propertindo Tbk. (LAND), PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA), PT Net Visi Media Tbk. (NETV), PT Techno9 Indonesia Tbk (NINE), PT Planet Properindo Jaya Tbk. (PLAN), PT Pudjiadi & Sons Tbk. (PNSE), PT Puri Global Sukses Tbk. (PURI), PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE), PT Semacom Integrated Tbk. (SEMA), PT Sampoerna Agro Tbk. (SGRO), PT Sekar Bumi Tbk. (SKBM), PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk. (TELE), dan PT WIR ASIA Tbk. (WIRG)berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten Pekan Pertama Juni 2023)

RUPS BCIP

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BCIP menyebutkan lima agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan termasuk laporan direksi dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris serta pengesahan laporan keuangan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih Perseroan, penetapan gaji dan tunjangan bagi anggota direksi, dan gaji atau honorarium dan tunjangan bagi anggota dewan komisaris perseroan, penunjukan kantor akuntan publik dan penetapan honorariumnya untuk melakukan audit terhadap pembukuan perseroan yang berakhir pada 31 Desember 2023, serta perubahan pengurus.

RUPS HMSP

Kemudian, ada juga HMSP juga akan menyebutkan tiga agenda RUPST yakni meminta persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan penggunaan saldo laba perseroan, pesetujuan penetapan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan tahun buku 2023.

RUPS HRUM

Sementara itu, pada hari ini HRUM juga akan menggelar RUPST dengan empat agenda yakni persetujuan laporan tahunan perseroan termasuk di dalamnya laporan kegiatan perseroan, laporan pengawasan dewan komisaris, serta pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, serta penetapan gaji dan honorarium untuk anggota direksi dan dewan komisaris perseroan untuk tahu buku 2023.

RUPS MTLA

Adapun, MTLA juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan, termasuk di dalamnya laporan kegiatan perseroan, laporan pengawasan dewan komisaris dan laporan keuangan tahun buku 2022, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggungjawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris perseroan, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023 dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik serta persyaratan lainnya, dan penentuan honorarium, gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota dewan komisaris dan direksi atau penentuan remunerasi bagi anggota dewan komisaris dan direksi.

RUPS NETV

Selanjutnya, NETV juga menyebutkan lima agenda RUPST yaitu persetujuan dan pengesahan atas laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba (Rugi) perseroan, penetapan remunerasi dan fasilitas lainnya bagi anggota dewan komisaris serta memberi wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menentukan remunerasi dan fasilitas lainnya bagi anggota direksi perseroan untuk tahun 2023, penunjukan serta penetapan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, dan perubahan susunan anggota direksi perseroan.

RUPS SGRO

Pada hari ini, SGRO juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan atas penetapan penggunaan laba bersih yang diperoleh perseroan, persetujuan atas penunjukan kantor akuntan publik terdaftar yang akan mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, serta persetujuan atas penetapan paket remunerasi untuk anggota direksi dan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023.

RUPS WSBP Ditunda

Kemudian, pada hari ini WSBP berencana menggelar RUPS luar biasa (RUPSLB). Namun perseroan menunda pelaksanaannya menjadi 30 Juni 2023. Penundaan tersebut sehubungan dengan adanya Surat Otoritas Jasa Keuangan No. S-1615/PM.02/2023. Dalam keterbukaan informasi kepada BEI perseroan menjelaskan perubahan jadwal tersebut dilakukan karena terdapat tanggapan lebih lanjut perihal perubahan dan/atau tambahan informasi atas Keterbukaan Informasi Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) per 7 Juni 2023.

(Baca: Mencermati Rasio Keuangan Emiten BUMN Karya per Kuartal I/2023)

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags