Agenda Bursa Hari ini: Cum hingga Bayar Dividen (29 Maret 2023)

BEI mencatat 8 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Rabu, 29 Maret 2023. Diantaranya adalah jadwal ex dividen BBCA & BBTN, DPS dividen dari BBNI, BPII & ESSA, pembayaran dividen ARNA, hingga pengumuman RUPS LPPF & SIDO.

Inneke Citra kasih

Mar 29, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Rabu (29/03) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat 8 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Pada hari ini terdapat jadwal ex dividen tunai PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN). Lalu, jadwal daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk. (BPII), dan PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA).

Kemudian, ada juga jadwal pembayaran dividen tunai dari PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA). Selain itu, PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) dan PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk.(SIDO) akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, LPPF menyebutkan delapan agenda RUPS tahunan (RUPST) pada hari ini yaitu meminta persetujuan dan pengesahan atas Laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan penetapan atas rencana penggunaan laba perseroan, penunjukan akuntan publik untuk tahun buku 2023, pengangkatan dan/atau perubahan susunan anggota direksi perseroan.

Kemudian, persetujuan perubahan Anggaran Dasar Perseroan, persetujuan atas penurunan atas jumlah penyisihan cadangan laba bersih perseroan, persetujuan atas penurunan modal ditempatkan dan modal disetor perseroan, serta persetujuan pembelian kembali atas saham-saham yang telah dikeluarkan oleh Perseroan.

Sementara itu, pada hari ini SIDO juga memiliki empat agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan untuk menunjuk akuntan publik independen untuk tahun buku 2023, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, serta penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan lain bagi anggota dewan komisaris.

Selain RUPST, SIDO juga memiliki dua agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) pada hari ini yaitu meminta persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan, serta meminta persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan disesuaikan dengan peraturan otoritas jasa keuangan (POJK).

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai hingga Akhir Maret 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags