Agenda Bursa Hari ini: Info Dividen hingga RUPS (5 Januari 2022)

BEI mencatat sebanyak 6 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Kamis, 5 Januari 2023. Diantaranya adalah info pembayaran dividen dari BYAN, akhir perdagangan HMETD BBTN, MTWI dan MORE, serta stock split dari SKRN, hingga RUPS dari SLIS terkait rencana rights issue.

Inneke Citra kasih

Jan 5, 2023 - 7:30 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Kamis (05/01) hingga pukul 07.15 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat sebanyak 6 emiten Tbk memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal pembayaran dividen tunai interim, aktivitas terkait jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, hingga rencana rapat umum pemegang saham (RUPS).

Jadwal pembayaran dividen tunai interim PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) menjadi salah satu agenda bursa pada hari ini. Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, BYAN mengumumkan akan membagikan dividen dengan nilai total US$1 juta atau setara dengan US$0,03 per saham. 

Pembayaran dividen interim tersebut dilakukan dengan mata uang rupiah dengan mengacu pada kurs tengah BI pada 21 Desember 2022 sebagai kurs konversi, atau bertepatan dengan jadwal recording date.

Jika mengacu pada kurs Jisdor Bank Indonesia per 21 Desember 2022 sebesar Rp15.601/US$, maka nilai dividen interim BYAN yang akan dibayarkan pada hari ini setara dengan Rp468,03 per saham.

Kemudian, ada juga info akhir perdagangan HMETD dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN), PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk. (MTWI), dan PT Indonesia Prima Property Tbk. (MORE).

Pada hari ini juga merupakan tanggal akhir perdagangan nominal lama stock split PT Superkrane Mitra Utama Tbk. (SKRN). Adapun perseroan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham pada 16 Desember 2022 untuk melakukan pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio 1:5, sehingga nilai nominal perseroan dari sebelumnya Rp100 per saham menjadi Rp 20 per saham.

Selanjutnya, pada hari ini PT Gaya Abadi Sempurna Tbk. (SLIS) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Salah satu agenda utamanya adalah meminta persetujuan rencana penambahan modal dengan HMETD (PMHMETD) I atau rights issue dengan mengeluarkan saham baru sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar saham dengan nilai nominal Rp50. 

Adapun rights issue ini juga akan disertai dengan penerbitan waran sebanyak–banyaknya 700 juta Waran Seri I yang akan diberikan secara cuma – Cuma kepada pemegang saham yang melaksanakan HMETD.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen. Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Daftar Calon Emiten IPO Januari 2023, SUNI Incar Dana Terbesar)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags