Agenda Bursa Hari ini: Info HMETD hingga RUPS (30 Januari 2022)

BEI mencatat sebanyak 5 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Senin, 30 Januari 2023. Diantaranya adalah info stock split SMDR, ex HMETD BKSL, pembayaran obligasi dari EXCL, serta pengumuman RUPS DGNS & INAF.

Inneke Citra kasih

Jan 30, 2023 - 7:30 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Senin (30/01) hingga pukul 07.15 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat sebanyak 5 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal stock split, aktivitas terkait jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, pembayaran obligasi, hingga pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Pada hari ini terdapat jadwal akhir perdagangan nominal lama stock split dari PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR). Lalu, jadwal ex HMETD dari PT Sentul City Tbk. (BKSL) juga menjadi salah satu agenda bursa pada hari ini.

Selain itu, ada informasi pembayaran ijarah fee seri SIEXCL01DCN2 ke 23 dan seri SIEXCL01ECN2 ke 23 dari PT XL Axiata Tbk. (EXCL).

Adapun PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk. (DGNS) dan PT Indofarma Tbk. (INAF) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada hari ini.

Dalam keterbukaan informasi kepada BEI, DGNS menyebutkan agenda RUPSLB pada hari ini adalah meminta persetujuan perubahan susunan anggota dewan komisaris perseroan.

Sementara itu, INAF memiliki dua agenda RUPSLB yaitu pengukuhan pemberlakuan peraturan menteri BUMN RI tentang penerapan manajemen risiko, serta perubahan susunan pengurus perseroan.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen. 

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Deretan 9 Calon Emiten IPO yang Gelar Book Building Januari 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags