Agenda Bursa Hari ini: Info Waran & Hasil RUPS (23 Januari 2023)

Meskipun aktivitas perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Senin (23/1), libur dalam rangka cuti bersama Tahun Baru Imlek, tetapi BEI mencatat ada dua emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal yakni waran KIOS dan hasil RUPSLB TPIA.

Inneke Citra kasih

Jan 23, 2023 - 10:00 AM

Data

Meskipun aktivitas perdagangan di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Senin (23/1), libur dalam rangka cuti bersama Tahun Baru Imlek, tetapi berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Senin (23/01) hingga pukul 09.30 WIB,  BEI mencatat ada dua emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Pada awal pekan ini tercatat merupakan jadwal pelaksanaan waran PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (KIOS). Dalam keterbukaan informasi kepada BEI, penerbitan waran KIOS seri II ini dikeluarkan bersamaan dengan penerbitan saham baru melalui Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue perseroan.

Adapun data KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) menyebutkan bahwa jumlah waran seri II yang dikeluarkan KIOS sebanyak-banyaknya sebesar 243,86 juta dengan harga pelaksanaan Rp400 per saham. Perdagangan waran seri II ini dimulai pada 23 Januari 2023 hingga 22 Juli 2024.

Selain itu, pada hari ada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA) yang akan mengumumkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen. Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: SBN Ritel 2023: Ini Jadwal, Kupon, hingga Ketentuan SBR012)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags