Agenda Bursa Hari ini: IPO RELF, RUPS UNVR (22 Juni 2023)

BEI mencatat 65 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Kamis, 22 Juni 2023. Diantaranya adalah jadwal IPO, cum dividen, ex dividen, DPS dividen, pembayaran dividen, jadwal waran, serta RUPST dan RUPSLB.

Inneke Citra kasih

Jun 22, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Kamis (22/06) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 65 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal pencatatan saham perdana IPO, aktivitas terkait jadwal cum date, ex date, recording date atau daftar pemegang saham (DPS), jadwal perdagangan waran, serta pembayaran dividen dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

IPO RELF

Pada hari ini, 22 Juni 2023, jam perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) akan dibuka oleh pencatatan saham perdana PT Graha Mitra Asia Tbk. (RELF) dalam rangka penawaran umum perdana (IPO). RELF akan menjadi perusahaan tercatat ke-44 yang tercatat di BEI pada 2023.

Dalam aksi korporasinya, calon emiten yang bergerak di bidang pengembang real estate dan properti itu akan melepas sebanyak 1,2 miliar saham ke publik dengan nilai nominal Rp25 per saham. Jumlah tersebut setara dengan 20,95% dari modal yang ditempatkan dan disetor setelah Penawaran Umum Perdana Saham.

Adapun RELF telah mematok harga IPO sebesar Rp90 per saham. Dengan demikian, perseroan berpotensi meraup dana segar sebesar Rp108 miliar dari aksi korporasi tersebut.

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), PT Hillcon Tbk. (HILL), PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk. (JTPE), PT Kobexindo Tractors Tbk. (KOBX), PT Lautan Luas Tbk. (LTLS) dan PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Garuda Metalindo Tbk. (BOLT), PT Ekadharma International Tbk. (EKAD), PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK), PT KMI Wire and Cable Tbk. (KBLI), PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA), PT Mayora Indah Tbk. (MYOR), PT Kedoya Adyaraya Tbk. (RSGK), PT Unggul Indah Cahaya Tbk. (UNIC) dan PT Mega Perintis Tbk. (ZONE).

Adapula, jadwal DPS dividen tunai PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) dan PT Jembo Cable Company Tbk. (JECC) pada hari ini. Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai dari PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. (GMTD), PT Mitra Investindo Tbk. (MITI), PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI), PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA), PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMAR) dan PT Sumber Tani Agung Resources Tbk (STAA).

Waran dan RUPS

Selain itu, ada jadwal akhir pelaksanaan waran dari PT Esta Multi Usaha Tbk. (ESTA). Lalu sejumlah emiten berencana menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini. Diantaranya adalah PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk. (AMAG), PT Asahimas Flat Glass Tbk. (AMFG), PT Arkha Jayanti Persada Tbk. (ARKA), PT Asuransi Jasa Tania Tbk. (ASJT), PT Asuransi Ramayana Tbk. (ASRM), PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk. (BESS), PT Bhakti Multi Artha Tbk. (BHAT), PT Blue Bird Tbk. (BIRD).

Kemudian, PT Graha Layar Prima Tbk. (BLTZ), PT Bank BTPN Tbk. (BTPN), PT Clipan Finance Indonesia Tbk. (CFIN), PT Natura City Developments Tbk. (CITY), PT Cemindo Gemilang Tbk. (CMNT), PT Dafam Property Indonesia Tbk. (DFAM), PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk. (DGIK), PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. (DVLA).

Lalu, PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST), PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS), PT Perdana Gapuraprima Tbk. (GPRA), PT Aman Agrindo Tbk (GULA), PT Radana Bhaskara Finance Tbk. (HDFA), PT Itama Ranoraya Tbk. (IRAA), PT Jasnita Telekomindo Tbk. (JAST), PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (KIOS).

Selain itu, PT Kresna Graha Investama Tbk. (KREN), PT Ladangbaja Murni Tbk. (LABA), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP), PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA), PT Martina Berto Tbk. (MBTO), PT Modern Internasional Tbk. (MDRN), PT Maharaksa Biru Energi Tbk. (OASA), PT Onix Capital Tbk. (OCAP).

Selanjutnya, PT Pan Brothers Tbk. (PBRX), PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN), PT Steady Safe Tbk. (SAFE), PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk. (SBAT), PT Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP), PT Gaya Abadi Sempurna Tbk. (SLIS), PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk. (SRAJ), PT Agung Semesta Sejahtera Tbk. (TARA), PT Transkon Jaya Tbk. (TRJA) dan PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR).

(Baca: Sorotan Pasar 21 Juni 23: RDG BI hingga Testimoni Powell)

RUPS AMAG

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, AMAG menyebutkan lima agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan dan pengesahan laporan direksi perseroan mengenai jalannya kegiatan usaha perseroan dan tata usaha keuangan untuk tahun buku 2022, serta persetujuan dan pengesahan laporan keuangan perseroan, termasuk neraca dan perhitungan laba/rugi perseroan untuk tahun buku 2022, persetujuan laporan tahunan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan, serta memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh anggota direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan dalam tahun buku 2022 tersebut.
  2. Penetapan penggunaan laba rugi perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 2022.
  3. Penunjukan akuntan publik yang akan melakukan audit atas buku- buku perseroan untuk tahun buku 2023, dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik dan persyaratan lain penunjukannya tersebut.
  4. Persetujuan penetapan gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota direksi perseroan, serta honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023.
  5. Pengangkatan kembali anggota dewan komisaris dan direksi perseroan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, AMAG juga menyebutkan dua agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) pada hari ini yaitu persetujuan atas rencana perseroan untuk melakukan pembelian kembali saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh oleh perseroan dengan memperhatikan ketentuan dalam anggaran dasar perseroan dan peraturan yang berlaku di bidang pasar modal dan persetujuan atas perubahan pasal 77 anggaran dasar perseroan terkait kewajiban pengumuman dan laporan laba/rugi perseroan.

RUPS BTPN

Kemudian, ada juga BTPN akan menyebutkan tiga agenda RUPSLB yaitu pengunduran diri anggota direksi perseroan, pengangkatan anggota direksi perseroan, dan perubahan anggaran dasar perseroan.

RUPS DVLA

Sementara itu, pada hari ini DVLA juga akan menggelar RUPST dengan delapan agenda yakni sebagai berikut :

  1. Laporan tahunan perseroan mengenai kegiatan usaha dan kinerja keuangan perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Persetujuan dan pengesahan laporan tahunan dan laporan keuangan perseroan tanggal 31 Desember 2022 dan tahun yang berakhir pada tanggal tersebut.
  3. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  4. Persetujuan perubahan susunan dewan komisaris dan direksi perseroan, dan perubahan posisi direktur independen menjadi direktur.
  5. Penetapan honorarium bagi anggota dewan komisaris dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan honorarium bagi direksi perseroan.
  6. Penunjukan akuntan publik yang akan melakukan audit terhadap laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023.
  7. Pembahasan studi kelayakan terkait penambahan kegiatan usaha perseroan dalam rangka memenuhi ketentuan POJK No. 17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha serta persetujuan atas perubahan pasal 3 anggaran dasar perseroan terkait maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan.
  8. Persetujuan atas perubahan ketentuan pasal 13 ayat 1 anggaran dasar perseroan terkait direksi perseroan.

RUPS GEMS

Adapun, GEMS juga memiliki empat agenda RUPST yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan atas laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya pada direksi dan dewan komisaris perseroan atas pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022, selama tugas pengurusan dan pengawasannya tercermin dalam laporan tahunan dan laporan keuangan konsolidasian perseroan tersebut.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan lainnya untuk anggota direksi dan dewan komisaris untuk tahun buku 2023.
  4. Penunjukan akuntan publik independen dan/atau kantor akuntan publik independen untuk melakukan audit laporan keuangan tahunan konsolidasian perseroan tahun buku 2023.

RUPS LSIP

Selanjutnya, LSIP juga menyebutkan lima agenda RUPST yaitu sebagai berikut :

  1. Penerimaan dan persetujuan laporan tahunan direksi mengenai kegiatan usaha dan kinerja keuangan perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Pengesahan neraca serta perhitungan laba-rugi perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  4. Penetapan besarnya remunerasi untuk semua anggota dewan komisaris dan anggota direksi perseroan.
  5. Penunjukan akuntan publik dan pemberian wewenang kepada direksi perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik serta persyaratan lainnya.

RUPS PBRX

Kemudian, PBRX juga memiliki tujuh agenda RUPST pada hari ini yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan laporan tahunan perseroan termasuk di dalamnya laporan direksi dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris serta pengesahan neraca dan perhitungan laba rugi perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk melakukan audit terhadap laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium akuntan publik tersebut serta persyaratan lain penunjukannya.
  4. Penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan lainnya untuk anggota dewan komisaris serta penetapan gaji, uang jasa dan tunjangan lainnya untuk anggota direksi perseroan untuk tahun 2023.
  5. Persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan antara lain pasal 4 dan pasal 21.
  6. Persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan.
  7. Laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil PUT IV.

RUPS PNBN

Adapun, pada hari ini PNBN juga akan menggelar RUPST dengan menyebutkan enam agenda yakni sebagai berikut :

  1. Laporan tahunan perseroan mengenai kegiatan usaha dan pengesahan laporan keuangan tahunan perseroan termasuk Laporan pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Penggunaan laba yang diperoleh perseroan untuk tahun buku 2022 serta rencana pembagian dividen.
  3. Penetapan honorarium anggota dewan komisaris perseroan dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan besarnya gaji dan tunjangan para anggota direksi perseroan.
  4. Penunjukan akuntan publik yang akan mengaudit buku perseroan untuk tahun buku 2023.
  5. Perubahan pengurus perseroan.
  6. Pengkinian recovery plan perseroan November 2022 dan penyusunan pertama atas rencana resolusi Perseroan November 2022.

RUPS SIMP

Sementara itu, SIMP juga menyebutkan lima agenda RUPST pada hari ini yaitu sebagai berikut :

  1. Penerimaan dan persetujuan laporan tahunan direksi mengenai kegiatan usaha dan kinerja keuangan perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Pengesahan neraca serta perhitungan laba-rugi perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  4. Penetapan besarnya remunerasi untuk semua anggota dewan komisaris dan anggota direksi perseroan.
  5. Penunjukan akuntan publik dan pemberian wewenang kepada direksi perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik serta persyaratan lainnya.

RUPS UNVR

Selanjutnya, pada hari ini UNVR juga akan menggelar RUPST dengan empat agenda yaitu sebagai berikut :

  1. Pengesahan laporan keuangan perseroan dan persetujuan atas laporan tahunan perseroan termasuk laporan atas pelaksanaan tugas pengawasan oleh dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Persetujuan atas penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik untuk mengaudit buku perseroan untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium, serta persyaratan lain penunjukannya.
  4. Persetujuan atas penegasan berakhirnya masa jabatan anggota direksi perseroan, serta pengangkatan kembali anggota direksi perseroan dan penetapan remunerasi para anggota direksi dan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten Pekan Ketiga Juni 2023)

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags