Agenda Bursa Hari ini: IPO SMIL, RUPS BUDI & TBLA (12 Mei 2023)

BEI mencatat 23 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, yaitu jadwal IPO SMIL, HMETD BKSW, aktivitas dividen dari KLBF, NICL, TLDN, EPMT, LUCY, SMSM, BJTM, BTPN, BTPS, IFSH, KEJU, MKTR, NISP, PRDA, RUNS, TGKA, TMAS, TRIS & UNTR, obligasi ASDF, serta RUPS BUDI & TBLA

Inneke Citra kasih

May 12, 2023 - 7:59 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Jumat (12/05) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 23 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari pencatatan saham perdana (IPO), pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal ex date hingga pembayaran dividen, informasi obligasi, serta pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Berdasarkan laman E-IPO, akan ada tiga emiten pendatang baru yang mencatatkan saham perdananya di BEI yakni PT Sarana Mitra Luas Tbk. (SMIL).

Pencatatan Saham IPO

SMIL akan menjadi perusahaan tercatat ke-40 yang tercatat di BEI pada 2023. Emiten perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha penyewaan forklift dan material handling equipment lainnya itu menawarkan sebanyak 1,75 miliar saham atau 20% dari total saham ditempatkan dan disetor penuh setelah proses IPO. Dalam aksi korporasinya, perseroan mematok harga perdana IPO di Rp100 per saham dan mengincar perolehan dana segar Rp175 miliar.

Rights Issue, Dividen dan Obligasi

Selain itu, pada hari ini juga terdapat jadwal distribusi HMETD dari PT Bank QNB Indonesia Tbk. (BKSW). Lalu, jadwal ex dividen tunai PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF), PT PAM Mineral Tbk. (NICL) dan PT Teladan Prima Agro Tbk. (TLDN).

Lalu ada juga jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen tunai dari PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT), PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY) dan PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM).

Adapun, jadwal pembayaran dividen tunai PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), PT Bank BTPN Tbk. (BTPN), PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS), PT Ifishdeco Tbk. (IFSH), PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU), PT Menthobi Karyatama Raya Tbk. (MKTR), PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP), PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA), PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS), PT Tigaraksa Satria Tbk. (TGKA), PT Temas Tbk. (TMAS), PT Trisula International Tbk. (TRIS) dan PT United Tractors Tbk. (UNTR) dilakukan pada hari ini.

Kemudian, pada hari ini juga terdapat informasi pembayaran kupon seri seri ASDF04CCN2 ke 17 dari PT Astra Sedaya Finance (ASDF).

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten Pekan Kedua Mei 2023)

Agenda RUPS

Selanjutnya, PT Budi Starch & Sweetener Tbk. (BUDI) dan PT Tunas Baru Lampung Tbk. (TBLA) berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BUDI menyebutkan empat agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu meminta persetujuan dan pengesahan atas laporan direksi mengenai jalannya usaha perseroan dan tata usaha keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penetapan gaji dan tunjangan bagi anggota direksi perseroan dan gaji atau honorarium dan tunjangan bagi anggota dewan komisaris perseroan yang akan dilakukan dengan mempertimbangkan usulan atau rekomendasi dari komite remunerasi dan nominasi perseroan, serta penunjukan akuntan publik yang akan memberikan jasa audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023.

Selain RUPST, BUDI juga memiliki tiga agenda RUPS luar biasa yaitu meminta persetujuan atas perubahan dan pengangkatan susunan pengurus perseroan, persetujuan untuk mengubah dengan menambah dan menyatakan kembali pasal 3 anggaran dasar perseroan untuk disesuaikan dengan Peraturan Nomor IX.J.1 - keputusan ketua badan pengawas pasar modal dan lembaga keuangan nomor KEP-179/BL/2008, serta persetujuan untuk mengubah pasal 23 ayat 7 huruf a anggaran dasar perseroan untuk disesuaikan dengan ketentuan pasal 20 peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia nomor 14/POJK.04/2022.

Adapun, TBLA juga memiliki lima agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan, persetujuan penggunaan laba bersih, penetapan gaji dan tunjangan bagi anggota direksi dan dewan komisaris perseroan, persetujuan penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik, serta pertanggungjawaban perseroan terkait realisasi penggunaan dana dalam rangka PHMETD dan penawaran umum obligasi berkelanjutan II Tahap I.

Lalu, TBLA juga memiliki tiga agenda RUPSLB yaitu meminta persetujuan pengangkatan kembali/perubahan susunan direksi, persetujuan perubahan anggaran dasar, serta persetujuan untuk mengubah Pasal 23 ayat 7 huruf a anggaran dasar perseroan untuk disesuaikan dengan ketentuan pasal 20 peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 14/POJK.04/2022.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: 8 Emiten Pembagi Dividen Tunai Tertinggi Sepanjang April 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags