Agenda Bursa Hari ini: RUPS COAL hingga BDMN (31 Maret 2023)

BEI mencatat 8 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Jumat, 31 Maret 2023. Diantaranya adalah jadwal ex dividen FASW, serta pengumuman RUPS dari BDMN, BNII, CITA, COAL, MEDS, OKAS & SQMI.

Inneke Citra kasih

Mar 31, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Jumat (31/03) hingga pukul 07.55 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat 8 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Pada hari ini terdapat jadwal ex dividen tunai dari PT Fajar Surya Wisesa Tbk. (FASW). Kemudian, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN), PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII), PT Cita Mineral Investindo Tbk. (CITA), PT Black Diamond Resources Tbk. (COAL), PT Hetzer Medical Indonesia Tbk. (MEDS), PT Ancora Indonesia Resources Tbk. (OKAS), dan PT Wilton Makmur Indonesia Tbk. (SQMI) akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, BDMN menyebutkan enam agenda RUPS tahunan (RUPST) pada hari ini, yaitu meminta persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan penggunaan laba perseroan, penunjukan akuntan public dan kantor akuntan publik untuk tahun buku 2023, penetapan gaji dan tunjangan untuk anggota dewan komisaris dan direksi perseroan, persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan, serta persetujuan pengkinian rencana aksi (recovery plan) dan rencana resolusi (resolution plan) 2022-2023.

Adapun, BNII juga memiliki sebelas agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2023, penetapan penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik dan kantor akuntan publik tahun buku 2023, penetapan gaji dan tunjangan lainnya bagi dewan komisaris, pelimpahan wewenang kepada dewan komisaris untuk menetapkan gaji dan tunjangan lainnya.

Lalu, perubahan susunan anggota dewan komisaris, direksi dan dewan pengawas syariah perseroan, pembagian tugas dan wewenang diantara anggota direksi, laporan realisasi penggunaan dana hasil dari penawaran umum selama tahun 2022, persetujuan pengkinian recovery plan dan resolution plan perseroan, serta perubahan anggaran dasar perseroan.

Selanjutnya, CITA menyebutkan dua agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) yaitu meminta persetujuan pemegang saham atas rencana perseroan memberikan jaminan perusahaan, serta perubahan alamat lengkap perseroan.

Selain itu, COAL dan OKAS juga menyebutkan agenda RUPSLB yaitu persetujuan perubahan direksi dan dewan komisaris perseroan.

Kemudian, MEDS memiliki enam agenda RUPST yaitu meminta persetujuan laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, penetapan atas rencana penggunaan laba bersih perseroan, penunjukan akuntan publik untuk tahun buku 2023, penetapan honorarium anggota dewan komisaris dan direksi perseroan, persetujuan laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana, serta persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan.

Selanjutnya, SQMI memiliki dua agenda RUPSLB yaitu meminta persetujuan perubahan susunan direksi perseroan, serta perubahan anggaran dasar perseroan.

Sementara itu, PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) awalnya berencana menggelar RUPST pada hari ini, namun diundur menjadi 13 April 2023.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai hingga Akhir Maret 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags