Agenda Bursa Hari ini: RUPS MDKA, Cum Dividen MYOR (21 Juni 23)

BEI mencatat 61 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Rabu, 21 Juni 2023. Diantaranya adalah jadwal cum dividen, ex dividen, DPS dividen, pembayaran dividen, jadwal waran, serta RUPST dan RUPSLB.

Inneke Citra kasih

Jun 21, 2023 - 8:00 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Rabu (21/06) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 61 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

Mulai dari jadwal aktivitas terkait jadwal cum date, ex date, recording date atau daftar pemegang saham (DPS), jadwal perdagangan waran, serta pembayaran dividen dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Cum Date hingga Pembayaran Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal cum dividen tunai dari PT Garuda Metalindo Tbk. (BOLT), PT Ekadharma International Tbk. (EKAD), PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK), PT KMI Wire and Cable Tbk. (KBLI), PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA), PT Mayora Indah Tbk. (MYOR), PT Kedoya Adyaraya Tbk. (RSGK), PT Unggul Indah Cahaya Tbk. (UNIC) dan PT Mega Perintis Tbk. (ZONE).

Kemudian, jadwal ex dividen tunai dari PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) dan PT Jembo Cable Company Tbk. (JECC). Adapula, jadwal DPS dividen tunai PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO), PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP), PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) dan PT Sampoerna Agro Tbk. (SGRO).

Selanjutnya, ada jadwal pembayaran dividen tunai dari PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk. (BSML), PT Sigma Energy Compressindo Tbk. (SICO), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA), PT Trimegah Karya Pratama Tbk. (UVCR), PT Victoria Care Indonesia Tbk. (VICI) dan PT Victoria Insurance Tbk. (VINS) pada hari ini.

Waran dan RUPS

Selain itu, ada jadwal akhir perdagangan wara pasar tunai dari PT Esta Multi Usaha Tbk. (ESTA).

Lalu sejumlah emiten berencana menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada hari ini. Diantaranya adalah PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES), PT Akasha Wira International Tbk. (ADES), PT Asuransi Maximus Graha Persada Tbk. (ASMI), PT Anabatic Technologies Tbk. (ATIC), PT Tera Data Indonusa Tbk. (AXIO), PT Bank Aladin Syariah Tbk. (BANK), PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS), PT Campina Ice Cream Industry Tbk. (CAMP).

Kemudian, PT Metro Healthcare Indonesia Tbk. (CARE), PT Citra Putra Realty Tbk. (CLAY), PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk. (DPNS), PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk. (DSFI), PT Ever Shine Tex Tbk. (ESTI), PT FAP Agri Tbk. (FAPA), PT Gema Grahasarana Tbk. (GEMA), PT Era Mandiri Cemerlang Tbk. (IKAN).

Lalu, PT Indospring Tbk. (INDS), PT Inocycle Technology Group Tbk. (INOV), PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM), PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (KIJA), PT Resource Alam Indonesia Tbk. (KKGI), PT Jasa Berdikari Logistics Tbk. (LAJU), PT Logindo Samudramakmur Tbk. (LEAD), PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA).

Selain itu, PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk. (MFMI), PT Metropolitan Kentjana Tbk. (MKPI), PT Nusa Palapa Gemilang Tbk. (NPGF), PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM), PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. (PNBS), PT Ricky Putra Globalindo Tbk. (RICY), PT Kota Satu Properti Tbk. (SATU), PT Suryamas Dutamakmur Tbk. (SMDM).

Selanjutnya, PT Sunter Lakeside Hotel Tbk. (SNLK), PT Soechi Lines Tbk. (SOCI), PT Sofyan Hotels Tbk. (SPOT), PT Trimuda Nuansa Citra Tbk. (TNCA), PT Totalindo Eka Persada Tbk. (TOPS) dan Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON)

RUPS ACES

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, ACES menyebutkan lima agenda RUPS tahunan (RUPST) yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penunjukan akuntan publik dan kantor akuntan publik untuk tahun buku 2023 dan penetapan honorarium serta persyaratan lain berkenaan dengan penunjukan tersebut.
  4. Penetapan remunerasi anggota direksi & dewan komisaris perseroan.
  5. Persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan.

RUPS BANK

Kemudian, ada juga BANK akan menyebutkan tujuh agenda RUPST yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan laporan tahunan, pengesahan laporan keuangan, dan pengesahan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022 sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada anggota direksi atas tindakan pengurusan perseroan dan anggota dewan komisaris atas tindakan pengawasan perseroan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba/rugi bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penunjukan kantor akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023.
  4. Penetapan paket remunerasi berikut tunjangan dan fasilitas yang diberikan kepada dewan komisaris, direksi, dan dewan pengawas syariah perseroan untuk tahun buku 2023.
  5. Persetujuan atas perubahan anggaran dasar perseroan.
  6. Perubahan pengurus perseroan.
  7. Pelaporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum.

RUPS BEKS

Sementara itu, pada hari ini BEKS juga akan menggelar RUPST dengan tiga agenda yakni sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada anggota direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku 2022.
  2. Penunjukkan akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan perseroan tahun buku 2023.
  3. Laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum terbatas (PUT) VI dan VII perseroan.

RUPS CAMP

Adapun, CAMP juga memiliki enam agenda RUPST yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 termasuk di dalamnya laporan kegiatan perseroan, laporan tugas pengawasan dewan komisaris dan laporan keuangan perseroan tahun buku 2022, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2022.
  3. Penunjukan akuntan publik yang akan melakukan audit atas laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium dan persyaratan lain atas penunjukan tersebut.
  4. Penetapan remunerasi untuk direksi dan dewan komisaris berikut fasilitas dan tunjangan lainnya.
  5. Perubahan susunan anggota direksi dan/atau dewan komisaris perseroan.
  6. Amandemen anggaran dasar perseroan pasal 17 ayat 5 mengenai kewajiban pengumuman laporan posisi keuangan konsolidasian & laporan laba rugi dalam surat kabar serta perubahan anggaran dasar perseroan pasal 14 ayat 1 mengenai jumlah anggota dewan komisaris untuk dapat disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di pasar modal.

RUPS DPNS

Selanjutnya, DPNS juga menyebutkan empat agenda RUPST yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Persetujuan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Persetujuan penunjukan akuntan publik dan atau kantor akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023.
  4. Penetapan remunerasi dan fasilitas lainnya bagi dewan komisaris dan direksi perseroan.

RUPS DSFI

Kemudian, DSFI juga memiliki tiga agenda RUPST pada hari ini yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan dan pengesahan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 termasuk di dalamnya laporan kegiatan perseroan, laporan pengawasan dewan komisaris dan laporan keuangan konsolidasian untuk tahun buku 2022, serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan untuk tahun buku 2022.
  2. Persetujuan pemberian wewenang dan kuasa penuh kepada dewan komisaris perseroan untuk menunjuk akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, dan kepada direksi perseroan untuk menetapkan honorarium akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik serta persyaratan lainnya.
  3. Persetujuan penetapan gaji, honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota dewan komisaris dan direksi.

Selain itu, DSFI juga memiliki dua agenda RUPS luar biasa (RUPSLB) yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas perubahan pasal 3 anggaran dasar perseroan mengenai maksud dan tujuan, sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020 dan menambah KBLI yang termasuk dalam rumpun pengolahan yang sama yang sudah dimiliki perseroan.
  2. Perubahan pasal 17 ayat 5 anggaran dasar mengenai pengumuman laporan keuangan perseroan.

RUPS KIJA

Adapun, pada hari ini KIJA juga akan menggelar RUPST dengan menyebutkan empat agenda yakni sebagai berikut :

  1. Persetujuan dan pengesahan atas laporan tahunan perseroan untuk tahun buku 2022, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh anggota direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan dalam tahun buku 2022.
  2. Penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Penunjukkan akuntan publik independen yang akan melakukan audit atas buku perseroan untuk tahun buku 2023 dan pemberian wewenang Kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan jumlah honorarium akuntan publik independen tersebut serta persyaratan lain penunjukkannya.
  4. Penetapan gaji dan tunjangan lainnya anggota direksi perseroan serta honorarium dan tunjangan lainnya anggota dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023.

RUPS MDKA

Sementara itu, MDKA juga menyebutkan enam agenda RUPST pada hari ini yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 yang telah ditelaah oleh dewan komisaris, termasuk pengesahan laporan keuangan konsolidasian perseroan dan entitas anak untuk tahun buku 2022 yang telah diaudit oleh kantor akuntan publik Tanubrata, Sutanto, Fahmi, Bambang & Rekan (Anggota Firma BDO International) dan telah ditandatangani pada tanggal 27 April 2023, pengesahan laporan pengawasan dewan komisaris untuk tahun buku 2022 serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh anggota direksi dan dewan komisaris perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilakukan dalam tahun buku 2022, sejauh tercemin dalam laporan tahunan perseroan tahun buku 2022 dan laporan keuangan konsolidasian perseroan dan entitas anak untuk tahun buku 2022.
  2. Persetujuan atas penetapan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022.
  3. Persetujuan atas penunjukan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik yang akan melakukan audit laporan keuangan konsolidasian perseroan dan entitas anak untuk tahun buku 2023.
  4. Penetapan gaji dan tunjangan serta fasilitas lainnya bagi anggota direksi dan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2023.
  5. Persetujuan atas rencana pembelian kembali saham perseroan sesuai dengan POJK No. 30/POJK.04/2017 tentang pembelian kembali saham yang dikeluarkan oleh perusahaan terbuka.
  6. Penyampaian laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum atas penerbitan obligasi berkelanjutan III Merdeka Copper Gold tahap II dan tahap III tahun 2022, penawaran umum atas penerbitan obligasi berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold tahap I tahun 2022 dan tahap II tahun 2023, serta PUT dalam rangka penambahan modal dengan memberikan HMETD II.

RUPS PNBS

Selanjutnya, pada hari ini PNBS juga akan menggelar RUPST dengan enam agenda yaitu sebagai berikut :

  1. Persetujuan atas laporan tahunan perseroan mengenai kegiatan usaha dan pengesahan laporan keuangan tahunan perseroan, termasuk laporan pengawasan dewan komisaris perseroan untuk tahun buku 2022.
  2. Persetujuan atas penggunaan laba untuk tahun buku 2022.
  3. Penetapan honorarium anggota dewan komisaris perseroan dan pemberian wewenang kepada dewan komisaris perseroan untuk menetapkan besarnya gaji dan tunjangan para anggota direksi perseroan.
  4. Pemberian wewenang kepada direksi perseroan untuk menetapkan pembagian tugas dan wewenang anggota direksi perseroan.
  5. Penunjukan akuntan publik yang akan mengaudit buku perseroan untuk tahun buku 2023.
  6. Perubahan susunan pengurus perseroan.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags