Agenda Bursa Hari ini: RUPSLB ERAA hingga KAEF (6 September 23)

BEI mencatat 10 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Rabu, 6 September 2023. Diantaranya adalah jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen, rencana dan panggilan RUPO dan RUPSu, hingga pengumuman RUPS.

Inneke Citra kasih

Sep 6, 2023 - 8:45 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Rabu (06/09) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 10 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini. 

Mulai dari jadwal recording date atau daftar pemegang saham (DPS) dividen, rencana dan panggilan rapat umum pemegang obligasi (RUPO) dan rapat umum pemegang sukuk (RUPSu), hingga pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Dividen

Pada hari ini terdapat jadwal DPS dividen tunai PT Sumi Indo Kabel Tbk. (IKBI). Lalu, ada juga jadwal DPS dividen tunai interim dari PT Sumber Global Energy Tbk. (SGER).

RUPO

Kemudian, ada pula jadwal rencana dan panggilan RUPO emisi obligasi berkelanjutan IV Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) tahap II tahun 2020, dan tahap III - IV tahun 2021. Selain itu, MFIN juga memiliki rencana dan panggilan RUPSu emisi sukuk mudharabah berkelanjutan I tahap II - III tahun 2022 - 2023.

RUPS

Selanjutnya, PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA), PT FAP Agri Tbk. (FAPA), PT Kimia Farma Tbk. (KAEF), PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk. (MFMI), PT Menthobi Karyatama Raya Tbk. (MKTR), PT Sarana Mitra Luas Tbk. (SMIL) dan PT Wahana Pronatural Tbk. (WAPO) akan menggelar RUPS tahunan (RUPST) dan RUPS luar biasa (RUPSLB) pada hari ini.

RUPSLB ERAA

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, ERAA akan menggelar RUPSLB pada hari ini pukul 10.00 WIB dengan menyebutkan dua agenda yaitu :

  1. persetujuan atas perubahan susunan Direksi Perseroan.
  2. Persetujuan pengalihan sebagian saham treasuri melalui pelaksanaan program kepemilikan saham oleh manajemen dan karyawan (Management and Employee Stock Ownership Program atau MESOP).

RUPSLB FAPA

Kemudian, FAPA pada hari ini juga akan menggelar RUPSLB pada pukul 09.00 WIB dengan menyebutkan satu agenda yaitu perubahan pengurus Perseroan.

RUPSLB KAEF

Selain itu, KAEF juga akan menggelar RUPSLB dengan menyebutkan tiga agenda pada pukul 10.00 WIB yaitu :

  1. Laporan pelaksanaan konversi Obligasi Wajib Konversi (OWK) menjadi saham dalam rangka peningkatan modal Perseroan, serta persetujuan pemberian kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menyatakan jumlah peningkatan modal ditempatkan dan modal disetor.
  2. Perubahan anggaran dasar Perseroan.
  3. Perubahan susunan pengurus Perseroan.

RUPSLB MFMI

Lalu, ada MFMI juga yang akan mengelar RUPSLB pada hari ini pukul 10.00 WIB dengan satu agenda yaitu perubahan susunan anggota Direksi termasuk penentuan gaji/honorarium dan/atau tunjangan lainnya bagi anggota Direksi Perseroan.

RUPSLB MKTR

Sementara itu, MKTR juga akan menggelar RUPSLB pada hari ini pukul 10.00 WIB dengan menyebutkan dua agenda yaitu :

  1. Pemberian Corporate Guarantee oleh PT Menthobi Karyatama Raya, Tbk atas fasilitas kredit yang diberikan oleh PT Bank Syariah Indonesia kepada PT Menthobi Makmur Lestari selaku anak Perusahaan PT Menthobi Karyatama Raya, Tbk.
  2. Pengangkatan anggota Dewan Komisaris Perseroan.

RUPSLB WAPO

Selanjutnya, WAPO juga akan menggelar RUPSLB pada hari ini pukul 10.00 WIB dengan menyebutkan satu agenda yaitu perubahan susunan Komisaris Perseroan.

RUPST SMIL

Selain RUPSLB, pada hari ini SMIL juga akan menggelar RUPST pada pukul 14.00 WIB dengan menyebutkan 5 agenda yaitu :

  1. Persetujuan dan pengesahan laporan tahunan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, yang didalamnya terdiri dari :
  • Laporan jalannya pengurusan Perseroan oleh Direksi dan laporan jalannya pengawasan Perseroan oleh Dewan Komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.
  • Laporan keuangan dan pengesahan neraca serta perhitungan laba rugi untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 serta pemberian dan pembebasan serta pelunasan (acquit et de charge) sepenuhnya kepada anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah mereka lakukan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.
  1. Penetapan laba rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.
  2. Penetapan besarnya gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan.
  3. Penunjukan akuntan publik yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.
  4. Pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Tunai Emiten pada September 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags