Agenda Bursa Hari ini: RUPSLB NAYZ hingga VICO (8 September 23)

BEI mencatat 3 emiten Tbk yang memiliki agenda bursa pada hari ini, Jumat, 8 September 2023. Agendanya adalah pengumuman rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Inneke Citra kasih

Sep 8, 2023 - 7:35 AM

Data

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Jumat (08/09) hingga pukul 07.30 WIB, Bursa Efek Indonesia mencatat ada 3 emiten Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal pada hari ini.

RUPSLB

Pada hari ini PT Indah Prakasa Sentosa Tbk. (INPS), PT Hassana Boga Sejahtera Tbk. (NAYZ) dan PT Victoria Investama Tbk. (VICO) akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

RUPSLB INPS

Berdasarkan keterbukaan BEI, pada hari ini, INPS akan melaksanakan RUPSLB pada pukul 09.00 WIB dengan dua agenda yaitu persetujuan pengangkatan kembali dan perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, serta persetujuan perubahan anggaran dasar.

RUPSLB NAYZ

Kemudian, NAYZ juga akan menggelar RUPSLB pada hari ini pukul 10.00 WIB dengan dua agenda yaitu persetujuan perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, serta persetujuan perubahan Pasal 12 anggaran dasar Perseroan.

RUPSLB VICO

Selanjutnya, pada hari ini juga ada VICO yang akan menggelar RUPSLB dengan satu agenda yaitu persetujuan perubahan susunan anggota Direksi Perseroan.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada hari ini dapat dilihat dalam tabel di atas. Beberapa jadwal yang perlu dicermati selain RUPS adalah jadwal cum date, ex date, hingga payment date terkait dividen ataupun rights issue karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam HMETD tersebut.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: 8 Emiten Lakukan Stock Split Sepanjang Januari - Juli 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags