Agenda Bursa Mei 2024: HMETD, Dividen, Obligasi, Waran, Stock Split, hingga RUPS

BEI mencatat sebanyak 253 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk dengan 318 jumlah agenda terkait aktivitasnya di pasar modal sepanjang Mei 2024. Agenda tersebut mulai dari aktivitas terkait jadwal HMETD), jadwal dividen, info

Inneke Citra kasih

May 3, 2024 - 8:15 AM

Data

Sepanjang Mei 2024, Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki 18 hari aktif bursa. Adapun BEI mencatat sebanyak 253 emiten  Tbk dan 1 emiten non-Tbk dengan 318 jumlah agenda terkait aktivitasnya di pasar modal.

Agenda tersebut mulai dari aktivitas terkait jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, jadwal dividen, informasi obligasi, jadwal waran, jadwal stock split dan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS).

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada awal bulan Mei, Kamis (02/05), jumlah tersebut terdiri dari 3 emiten yang memiliki jadwal HMETD, 32 emiten yang memiliki jadwal dividen, 2 emiten yang memiliki informasi obligasi, 1 emiten yang memiliki jadwal waran, 1 emiten yang memiliki jadwal stock split dan 215 emiten yang akan menggelar RUPS sepanjang bulan Mei 2024.

HMETD

Sepanjang bulan ini, terdapat jadwal akhir perdagangan HMETD dari PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), PT Pyridam Farma Tbk. (PYFA) dan PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA).

Dividen

Lalu, pada bulan ini juga terdapat jadwal cum date, ex date, recording date atau daftar pemegang saham (DPS) hingga payment date atau pembayaran dividen mulai dari PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) hingga PT Trans Power Marine Tbk. (TPMA).

Obligasi

Kemudian, pada bulan ini juga terdapat informasi pembayaran kupon seri BVIC02SBCN2 ke 18 dari PT Bank Victoria International Tbk. (BVIC).

Selain itu, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) juga memiliki informasi pembayaran kupon seri PJAA02CCN2 ke 13 pada bulan ini.

Waran

PT Jasnita Telekomindo Tbk. (JAST) juga memiliki jadwal akhir perdagangan waran pasar reguler, negosiasi dan pasar tunai pada bulan ini. Adapun, JAST juga memiliki jadwal akhir pelaksanaan waran pada bulan ini.

Stock Split

Sementara itu, pada bulan ini juga terdapat jadwal akhir perdagangan nominal lama dan jadwal awal perdagangan nominal baru stock split PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk. (BPII).

RUPS

PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP) dan PT Segar Kumala Indonesia Tbk. (BUAH) merupakan emiten pertama yang menggelar RUPS pada bulan Mei, tepatnya pada Kamis (02/05).

Kemudian, ditutup oleh PT Millennium Pharmacon International Tbk. (SDPC) dan PT Yulie Sekuritas Indonesia Tbk. (YULE) yang akan menggelar RUPS pada akhir bulan ini, Jumat (31/05).

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada Mei 2024 dapat dilihat dalam tabel di atas. Sebagaimana diketahui, jadwal cum date, ex date, hingga payment date penting untuk diketahui karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam rights issue.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

Untuk lebih lengkap bisa dilihat di tabel berikut.

(Baca: Jadwal Libur Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Global pada Mei 2024)

Disclaimer: Agenda bursa di atas bisa bisa saja berubah atau bertambah sesuai dengan pengumuman emiten selanjutnya. Adapun data di atas mengacu pada pantauan DataIndonesia.id per 2 Mei 2024.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags