Agenda Bursa: Pembayaran Dividen hingga RUPS Sepanjang Mei 2023

BEI mencatat sebanyak 253 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal sepanjang Mei 2023. Mulai dari jadwal HMETD, pembayaran dividen, informasi obigasi, jadwal rapat umum pemegang saham (RUPS), jadwal stock split, hingga jadwal pelaksanaan Waran.

Inneke Citra kasih

May 2, 2023 - 7:09 AM

Data

BEI mencatat sebanyak 253 emiten Tbk dan 1 emiten non-Tbk yang memiliki agenda terkait aktivitasnya di pasar modal sepanjang Mei 2023. Agenda tersebut mulai dari jadwal pencatatan dan perdagangan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue, pembayaran dividen, informasi obigasi, jadwal rapat umum pemegang saham (RUPS), jadwal pemecahan nilai saham (stock split), hingga jadwal pelaksanaan waran.

Berdasarkan pantauan DataIndonesia.id pada Senin (01/05), ada sebanyak 1 emiten yang memiliki agenda terkait jadwal HMETD, 38 emiten memiliki jadwal dividen, 2 emiten terkait informasi obligasi, 210 emiten yang akan menggelar RUPS, 1 emiten memiliki jadwal stock split, dan 1 jadwal pelaksanaan waran pada bulan ini.

Sepanjang bulan Mei, terdapat jadwal distribusi HMETD dari PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP). Lalu, ada jadwal akhir perdagangan nominal lama dan awal perdagangan nominal baru stock split dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU).

Adapun, informasi pembayaran kupon seri PJAA02BCN2 ke 9 dan seri PJAA02CCN2 ke 9 dari PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) dan rencana rupo emisi obligasi berkelanjutan I PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) Tahap I Tahun 2019.

Kemudian, ada juga jadwal mulai pelaksanaan waran dari PT MNC Energy Investments Tbk. (IATA) pada bulan ini.

(Baca: Jadwal Pembayaran Dividen Tunai Emiten Sepanjang April 2023)

Selanjutnya, ada jadwal cum, ex, recording date atau daftar pemegang saham (DPS), hingga pembayaran dividen tunai dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), PT Bank BTPN Tbk. (BTPN), PT Bank BTPN Syariah Tbk. (BTPS), PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. (GOOD), PT Temas Tbk. (TMAS), PT United Tractors Tbk. (UNTR), PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA), PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA), PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN), PT Indika Energy Tbk. (INDY), PT Astra International Tbk. (ASII), PT Bank Permata Tbk. (BNLI), PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA), PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO), PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP), dll.

Selanjutnya, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA), PT Enseval Putera Megatrading Tbk. (EPMT) dan PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY) merupakan emiten pertama yang akan menggelar RUPS pada hari ini. Kemudian, ditutup oleh PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC), PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) yang akan menggelar RUPS pada akhir bulan Mei 2023.

Untuk jadwal lengkap agenda bursa pada Mei 2023 dapat dilihat dalam tabel di atas. Sebagaimana diketahui, jadwal cum date, ex date, hingga payment date penting untuk diketahui karena menjadi batasan waktu bagi investor yang ingin mendapatkan dividen ataupun hak dalam rights issue.

Secara singkat, cum date (cumulative date) dividen tanggal terakhir investor yang berhak mendapatkan dividen atas kepemilikan suatu saham. Ex date (expired date) dividen merupakan tanggal investor saham tidak lagi berhak mendapatkan dividen.

Adapun recording date dividen adalah tanggal penentuan pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen. Lalu, payment date dividen merupakan tanggal pembayaran dividen.

Sementara itu untuk pelaksanaan HMETD, cum-right merupakan tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD, ex-right merupakan tanggal dimulainya perdagangan saham tanpa HMETD, dan recording date dalam rights issue merupakan tanggal pencatatan untuk investor yang berhak memperoleh HMETD.

(Baca: 8 Emiten Peraup Dana IPO Terbesar Sepanjang Maret 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags