Emiten Tebar Dividen, Pahami 4 Jadwal Penting Ini: Cum Date hingga Payment Date

Bagi investor yang memburu keuntungan dari pembagian dividen emiten, ada sejumlah jadwal yang penting untuk diperhatikan mulai dari Cum Date, Ex Date, Recording Date, hingga Payment Date. Artikel ini mengulas definisi dari masing-masing periode tersebut.

Muhammad Fikri

18 Jun 2024 - 11.10

Data

Menjelang pertengahan tahun, ramai emiten yang mengumumkan rencana pembagian dividen. Bagi investor saham, dividen menjadi hal yang ditunggu-tunggu karena memberi potensi keuntungan bagi orang yang berinvestasi di sahamnya. 

Bagi para pemburu dividen, ada sejumlah jadwal yang perlu dipahami terkait pembagian dividen. Berikut penjelasan jadwal dividen yang dihimpun DataIndonesia dari Investopedia.

1. Cum Date

Cum date atau cum dividend date adalah tanggal terakhir di mana investor harus memiliki saham tersebut untuk mendapatkan hak atas dividen yang akan dibayarkan. Jika seorang investor membeli saham sebelum atau pada saat cum date, maka mereka berhak mendapatkan dividen. 

Namun, jika mereka membeli saham setelah tanggal ini, mereka tidak akan mendapatkan dividen. Misalnya, jika jadwal cum date suatu emiten dipatok 10 Juni, maka investor yang ingin mengejar dividen emieten tersebut, maka dia harus membeli saham tersebut paling lambat pada 10 Juni.

(Baca: Jadwal Cum Date Dividen Emiten Pekan Ketiga Juni 2024)

2. Ex Date

Ex date atau ex dividend date adalah tanggal di mana saham mulai diperdagangkan tanpa hak atas dividen yang akan datang. Biasanya, ex date adalah satu hari kerja setelah cum date

Pada tanggal ini, harga saham biasanya akan turun sebesar jumlah dividen yang akan dibayarkan karena pemegang saham memproyeksikan keuntungan dari dividen yang dibagikan. 

Sebagai contoh, jika cum date emiten adalah 10 Juni, maka ex date dividen jatuh pada 11 Juni. Investor yang membeli saham pada atau setelah masa ex date tidak akan menerima dividen.

3. Recording Date

Recording date atau date of record adalah tanggal di mana perusahaan mencatat nama pemegang saham yang berhak menerima dividen. Hanya pemegang saham yang tercatat pada recording date yang akan menerima dividen. 

Tanggal ini biasanya jatuh beberapa hari setelah ex date. Perusahaan menggunakan recording date untuk memastikan siapa saja yang berhak menerima pembayaran dividen.

4. Payment Date

Payment date atau tanggal pembayaran adalah waktu dividen dibayarkan kepada pemegang saham yang berhak. Pada tanggal ini, perusahaan akan mendistribusikan dividen kepada pemegang saham yang tercatat pada recording date

Pada umumnya di Indonesia, perusahaan akan membagikan dividen ke Rekening Dana Nasabah (RDN) milik investor. Misalnya, jika recording date adalah 15 Juni, maka payment date bisa ditetapkan pada 25 Juni.

(Baca: 8 Emiten dengan Dividen Interim Tertinggi Sepanjang 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags