Profil Ikatan Dokter Indonesia

Ikatan Dokter Indonesia atau IDI berdiri pada 24 Oktober 1950. IDI merupakan satu-satunya organisasi profesi kedokteran yang sah dan diakui di Indonesia.

Shilvina Widi

Berlangganan

Jul 18, 2022 - 10:32 AM

Profile Organisasi

Ikatan Dokter Indonesia atau IDI semula bernama Vereniging Van Indische Artsen yang berdiri pada 1911. Organisasi ini berubah nama menjadi Vereniging van Indonesiche Geneeskundige (VIG) pada 1926 karena landasan politik yang menjelma dari timbulnya rasa nasionalisme (dimana dokter pribumi dianggap sebagai dokter kelas dua).

Saat masa pendudukan Jepang, VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa Izi Hooko-Kai. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia, organisasi tersebut kembali berganti nama menjadi Ikatan Dokter Indonesia pada 24 Oktober 1950.

IDI bertujuan memadukan segenap potensi dokter dari seluruh Indonesia, menjaga dan meningkatkan harkat, martabat, kehormatan profesi kedokteran, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia. IDI memiliki kewenangan dalam melakukan pembinaan terhadap dokter yang berprak...

Berlangganan untuk Lanjut Membaca

Nikmati artikel khusus Berlangganan yang telah disusun oleh Tim Data Indonesia dengan visualisasi data yang akurat dan menarik.Jika ada kendala saat pembelian, silahkan hubungi WA: 085885259217

Pilih paket konten berlangganan dibawah ini:

Cara Mudah Mengakses Data
Artikel Data TerupdateAkses semua data paling baru
Laporan KomprehensifSimak analisis lebih mendalam
Visualisasi Data TerbaikSajian data dengan infografis menarik
Bebas IklanNikmati konten tanpa gangguan iklan
Dashboard EksklusifUlik data sendiri melalui dashboard lengkap
Arsip RegulasiTemukan file peraturan yang diperlukan
Profil KorporasiPaparan profil perusahaan dan organisasi
Bebas IklanNikmati konten tanpa gangguan iklan
Pilih Paket TerbaikTemukan paket berlangganan sesuai dengan kebutuhan dan posisi Anda. Tersedia paket Student untuk mahasiswa dan pelajar; paket Researcher untuk para peneliti, periset, para pekerja pencari data; paket Executive untuk para karyawan, pegawai, kalangan dunia usaha, serta korporasi; maupun paket Boss yang memberikan akses data lebih leluasa. Metode pembayaran mudah. Perpanjangan juga gampang. Syarat dan ketentuan berlaku.
Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags

Copyright © 2024 - DataIndonesia.id