Profil Anthoni Salim

Anthoni Salim atau Liem Hong Sien merupakan konglomerat pemilik Grup Salim. Total kekayaan Anthoni Salim mencapai US$8,5 miliar menurut Majalah Forbes pada 2021.

Nur Affifah Al Jannah

Mar 9, 2022 - 4:16 PM

Profil

Anthoni Salim atau Liem Hong Sien lahir pada 25 Oktober 1949. Dia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Sudono Salim dan Lie Kim Nio. 

Pria lulusan Nort East Surrey College of Technology ini memiliki istri bernama Margareth Salim dan tiga orang anak. Orang tua Anthoni Salim memang merupakan taipan atau orang kaya raya yang selama puluhan tahun cukup dekat dengan Presiden Soeharto.

Salim Group sendiri merupakan perusahaan milik ayahnya yang pernah mengalami masa kejayaan sebelum terjadi krisis moneter pada 1998. Akibat lengsernya Presiden Soeharto, keluarga Salim sempat kehilangan kendali atas Bank Central Asia (BBCA) dan terlilit hutang hingga Rp55 triliun. 

Meski begitu, Anthoni tetap gigih dalam menjalankan usahanya, khususnya di industri makanan. Dia dikenal sebagai pemilik Grup Salim yang membawahi PT Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills. 

Produk-produknya yang kini dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti Indomie, Supermi, Bogasari, dan lainnya. Hingga kini produk Indomie menjadi salah satu produk mi instan paling populer di Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Tidak hanya berkecimpung di industri makanan, Anthoni Salim dan keluarga juga memiliki saham di perusahaan investasi Hongkong, First Pacific. Nilai asetnya tercatat sebesar US$27 miliar di enam negara.

Anthoni Salim kini dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut data Forbes, total kekayaannya mencapai US$8,5 miliar pada 2021.

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags