8 Negara dengan Kerawanan Pangan Tertinggi 2023, Mana Saja?

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Nigeria menjadi negara dengan krisis kelaparan terparah saat ini. Sebanyak 24,8 juta penduduk di negara tersebut mengalami kerawanan pangan akut.

Monavia Ayu Rizaty

Jun 28, 2023 - 12:12 PM

Data

Kerawanan pangan akut merupakan fenomena sosial yang semakin memburuk di berbagai belahan dunia. Kondisi tersebut membuat seseorang tidak mampu mendapatkan makanan yang cukup, sehingga bisa berujung kepada kematian.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) memproyeksikan ada 18 titik rawan kelaparan di dunia yang tersebar di 22 negara pada Juni hingga November 2023. Di titik kelaparan tersebut, sebagian penduduk mungkin akan menghadapi kerawanan pangan akut pada level yang lebih tinggi. 

Dari 22 negara yang disebutkan FAO, Nigeria terpantau memiliki kondisi kelaparan terparah. Sebanyak 24,8 juta penduduk di negara tersebut mengalami kerawanan pangan akut.

Republik Demokratik Kongo berada di urutan kedua lantaran sebanyak 24,5 juta penduduknya berada dalam kondisi kerawanan pangan akut. Lalu, sebanyak 20,1 juta penduduk di Ethiopia mengalami kerawanan pangan akut.

Penduduk yang berada dalam status kerawanan pangan akut di Sudan sebanyak 19,1 juta orang. Kemudian, terdapat 16,9 juta penduduk Yaman yang menderita kerawanan pangan akut saat ini.

Sementara, jumlah penduduk yang mengalami kerawanan pangan akut di Afghanistan sebanyak 15,3 juta orang. Adapun, jumlahnya di Myanmar dan Suriah masing-masing sebanyak 15,2 juta orang dan 12,1 juta orang.

(Baca: Indeks Ketahanan Pangan Indonesia Meningkat pada 2022)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags