Apple Kuasai Pangsa Pengiriman Smartwatch Global

Apple berhasil menjadi penguasa pasar smartwatch global. Berdasarkan laporan Counterpoint Global, pangsa pengiriman smartwatch Apple di dunia mencapai 29% pada kuartal II/2022.

Monavia Ayu Rizaty

Sep 9, 2022 - 10:39 AM

Data

Jam tangan pintar (smartwatch) semakin menjadi tren di kalangan masyarakat dunia. Gawai ini memungkinkan pengguna mengakses notifikasi pesan atau media sosial yang terhubung dengan smartphone.

Apple berhasil menjadi penguasa pasar smartwatch global. Berdasarkan laporan Counterpoint Global, pangsa pengiriman smartwatch Apple di dunia mencapai 29% pada kuartal II/2022. Capaian ini berhasil dipertahankan sejak kuartal III/2022 lalu.

Samsung sebagai pesaingnya menempati posisi kedua dengan pangsa pengiriman smartwatch global sebesar 9%. Smartwatch dari Amazfit dan Imoo menyusul di posisi berikutnya dengan pangsa pengiriman sama-sama sebesar 4%.

Walaupun menempati posisi teratas, pengiriman smartwatch Apple tercatat mengalami penurunan pada kuartal I/2022 dan kuartal II/2022. Penurunan tersebut disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat dari merek-merek smartwatch asal China dan India. 

Sebagai informasi, jumlah pengguna smartwatch di dunia diperkirakan telah mencapai 202,6 juta pada 2021. Menurut data Statista Digital Market Outlook, jumlahnya akan meningkat hingga 231,3 juta orang pada 2026.

(Baca: 8 Jam Tangan Termahal di Dunia, Ada yang Capai Rp800 Miliar)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags